Jumat 15 Dec 2023 14:18 WIB

Shopee Ungkap Performa Merek Lokal dan UMKM di Kategori Fashion and Beauty

Kategori Fashion dan Beauty konsisten menempati podium teratas produk paling dicari.

Brand lokal dan UMKM kategori Fashion dan Beauty mendapat banyak peminat di momen akhir tahun. (ilustrasi)
Foto: istimewa
Brand lokal dan UMKM kategori Fashion dan Beauty mendapat banyak peminat di momen akhir tahun. (ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Di momen akhir tahun, dengan preferensi berbelanja masyarakat yang berbeda, 12.12 Birthday Sale hadir dengan berbagai hari tematik selama masa periode kampanye. Tercatat, dari tematik Gajian Sale, Super Beauty Day, Bonus Akhir Tahun 12 M Day, Fashion Day, dan Shopee Video Day mencatatkan aktivitas belanja paling tinggi pada kampanye Shopee 12.12 Birthday Sale kemarin.

Nyatanya, tidak hanya memenuhi kebutuhan pengguna, hadirnya tematik yang berbeda setiap hari juga menjadi upaya dalam memberikan panggung bagi brand lokal dan UMKM agar dapat menyoroti produknya dengan maksimal. Hari tematik dengan aktivitas belanja yang tinggi sejalan dengan dua kategori brand lokal dan UMKM yang masih menjadi favorit pengguna, produk lokal yang terjual dari kategori fashion meningkat hingga 6 kali lipat dan kategori kecantikan meningkat lebih dari 8 kali lipat pada puncak kampanye.

Baca Juga

Pada setiap kampanye yang Shopee hadirkan, kategori Fashion dan Beauty memang konsisten menempati podium teratas sebagai produk yang paling dicari pengguna. Ketertarikan ini juga yang mendorong brand lokal dan UMKM untuk terus berinovasi menggunakan teknologi guna menjawab setiap preferensi individu. Tren pakaian yang terus berputar juga menjadi semangat bagi anak bangsa untuk terus berkreasi. Celana jeans, jam tangan dan kemeja menjadi tiga produk yang banyak dicari oleh pengguna dalam kategori fashion. Di sisi lain, produk kecantikan lokal seperti parfum, lip cream dan moisturizer semakin menunjukan keunggulannya.

Monica Vionna, Head of Marketing Growth Shopee Indonesia mengatakan, sejak awal hadir di tengah masyarakat, kampanye 12.12 Birthday Sale merupakan bentuk upaya Shopee dalam memberikan apresiasi akan dukungan seluruh ekosistem yang telah bersinergi untuk terus tumbuh dan berkembang bersama Shopee. Tidak hanya sekadar ajang perayaan pertambahan usia, momentum spesial ini dioptimalkan guna menciptakan dampak positif yang konsisten.

"Sejalan dengan misi kami yaitu untuk terus meningkatkan kualitas hidup bagi seluruh pengguna, kami sangat senang 12.12 Birthday Sale setiap tahunnya dapat senantiasa memberikan lebih banyak manfaat terhadap masing-masing ekosistem. Tahun ini kami dapat menyaksikan bagaimana performa bisnis brand lokal dan UMKM mengalami pertumbuhan dengan meningkatnya antusiasme pengguna terhadap produk lokal, kelengkapan dan rangkaian penawaran menarik yang memberikan keuntungan maksimal bagi pembeli dan fitur terkini yang memberikan ruang berkreasi bagi konten kreator untuk memperluas jangkauannya,” ujar Monica.

Menariknya kategori Set Hadiah dan Hampers juga menjadi favorit pada kampanye 12.12. Kebiasaan masyarakat dalam berbagi hampers natal dan tahun baru pun didukung oleh para brand lokal dan UMKM, dimana kartu ucapan dan kertas kado jadi produk pilihan untuk mempersiapkan hampers akhir tahun pada kampanye 12.12 kali ini.

Dengan berbagai inovasi dan rangkaian kemeriahan yang dihadirkan pada kampanye 12.12 kemarin, tidak hanya memenuhi kebutuhan pengguna, Shopee juga menciptakan pengaruh signifikan bagi brand lokal dan UMKM. Melalui dukungan untuk memperkuat potensi brand lokal dan UMKM, pada hari puncak kampanye 12.12 Birthday Sale, tercatat peningkatan transaksi produk lokal hingga 10 kali lipat dibandingkan dengan hari biasa.

“Shopee sangat berterima kasih akan kontribusi dan kolaborasi positif yang telah diciptakan oleh seluruh ekosistem selama tahun 2023. Menutup tahun dengan catatan yang luar biasa diharapkan dapat menjadi dorongan dan motivasi bagi Shopee untuk senantiasa menghadirkan peluang, dukungan dan inovasi yang dapat memberikan manfaat bagi seluruh masyarakat Indonesia,” kata Monica.

Dapat mengunjungi Baitullah merupakan sebuah kebahagiaan bagi setiap Umat Muslim. Dalam satu tahun terakhir, berapa kali Sobat Republika melaksanakan Umroh?

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement