Selasa 12 Dec 2023 16:02 WIB

BRI BRILIANPRENEUR Jadi Pembuka Jalan Bagi Produk Pakaian Ini

Rata-rata omset mencapai Rp 20 juta hingga Rp 30 juta per bulan.

Rep: Iit Septyaningsih/ Red: Lida Puspaningtyas
UMKM EXPO(RT) BRILIANPRENEUR 2023 yang sebelumnya dibuka oleh Presiden RI Joko Widodo pada Kamis (07/12) lalu, resmi ditutup pada Ahad (10/12) oleh Direktur Utama BRI Sunarso.
Foto: dok BRI
UMKM EXPO(RT) BRILIANPRENEUR 2023 yang sebelumnya dibuka oleh Presiden RI Joko Widodo pada Kamis (07/12) lalu, resmi ditutup pada Ahad (10/12) oleh Direktur Utama BRI Sunarso.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Terpilih menjadi salah satu peserta BRI UMKM EXPO(RT) BRILIANPRENEUR 2023 merupakan kesempatan emas bagi Rita Hartanto. Itu karena, meski usahanya sudah berjalan selama lima tahun, namun dirinya belum pernah sekali pun mengikuti pameran.

Selama ini, kata dia, produk ciptaannya bermerek Reetha Clothes hanya dipasarkan lewat platform e-commerce seperti Shopee dan Tokopedia. Maka saat mendapat penawaran berpartisipasi dalam pameran UMKM yang diinisiasi BRI itu, tanpa pikir panjang, Rita langsung mengambilnya.

Baca Juga

"Alhamdulillah dapat penawaran yang saya rasa baik. Semoga ini jalan bagi Reetha Clothes untuk tumbuh," ujarnya saat ditemui Republik di sela BRI UMKM EXPO(RT) BRILIANPRENEUR 2023 yang digelar pada 7 sampai 10 Desember 2023 di Jakarta.

Dirinya bercerita, sebelumnya tidak pernah ikut pameran karena biaya yang dikeluarkan terlalu mahal baginya. Sementara, tidak ada jaminan produknya bakal laku keras di sana.

 

Sedangkan di BRI UMKM EXPO(RT) BRILIANPRENEUR 2023, ungkap dia, tidak dipungut biaya sama sekali. Kemudian potensi mendapatkan pelanggan dan kerja sama baru pun cukup besar.

Rita berharap dapat terus mengembangkan usaha pakaian wanita berbahan batik jumputan itu hingga tembus ke pasar luar negeri. Apalagi, omzet yang diraihnya selama ini pun cukup besar, rata-rata mencapai Rp 20 juta hingga Rp 30 juta per bulan.

Tak hanya berbahan batik jumputan yang diproses secara manual oleh pembatik dari Kota Yogyakarta dan Solo. Dirinya juga melibatkan para perempuan yang menjahit pakaiannya.

Ke depannya, ia berharap dapat memperoleh pembiayaan dari BRI agar membuka toko offline di berbagai kota. Perlu diketahui, pada gelaran di tahun kelima, BRI menargetkan pameran UMKM Expo(rt) Brilianpreneur 2023 dapat mencatatkan transaksi senilai 80 juta dolar AS atau sekitar Rp 1 triliun.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement