Senin 11 Dec 2023 14:05 WIB

Starbucks Catat Kerugian 12 Miliar Dolar AS Sejak November 2023

Saham Starbucks sempat menguat pada paruh pertama bulan November.

Rep: Novita Intan/ Red: Friska Yolandha
A coalition of unions and supporters join Starbucks workers at a rally outside a midtown Manhattan Starbucks coffee store, calling for fair schedules and wages, Thursday, Nov. 16, 2023, in New York.
Foto:

Sudah sekitar dua tahun sejak Workers United meraih kemenangan pertamanya di kafe Starbucks di Buffalo, New York. Sejak itu, sekitar 350 dari 9.000 lokasi jaringan perusahaan yang dikelola perusahaan di AS telah memilih bergabung, tapi tidak ada satu pun yang berhasil mendapatkan kontrak serikat pekerja dengan perusahaan tersebut.

“Kami secara kolektif sepakat, kebuntuan saat ini tidak boleh diterima oleh salah satu dari kami. Hal ini tidak membantu Starbucks, Workers United atau, yang paling penting, mitra kami. Dalam semangat ini, kami meminta dukungan dan persetujuan Anda untuk memulai kembali perundingan,” ujar Kelly dalam suratnya. 

Kedua belah pihak berbeda pendapat banyak lokasi toko mengenai aturan dasar pertemuan, termasuk apakah pekerja boleh berpartisipasi melalui konferensi video. Pada bulan lalu, perusahaan kedai kopi tersebut menuduh bahwa sudah berbulan-bulan sejak serikat pekerja setuju dapat bertemu untuk membicarakan kontrak, sementara serikat pekerja mengeklaim Starbucks menolak bertemu kecuali para pekerja menyetujui pelanggaran ilegal terhadap hak-hak mereka.

Dalam suratnya, Kelly meminta Workers United berkomitmen melakukan sesi tanpa rekaman atau rekaman video dan audio. Starbucks juga berencana menjadwalkan sesi untuk memastikan mitra di setiap toko memiliki kesempatan untuk berpartisipasi. Dia mengatakan Starbucks akan menahan diri dari segala bahasa, gerak tubuh, atau perilaku yang meremehkan, tidak senonoh, mengancam, diskriminatif, atau kasar dan akan setuju untuk menjaga kerahasiaan informasi pribadi dan urusan personalia.

Direktur regional Dewan Hubungan Perburuhan Nasional AS telah mengeluarkan lebih dari seratus pengaduan terhadap perusahaan tersebut, menuduh adanya taktik anti-serikat pekerja yang ilegal termasuk menutup toko, memecat aktivis, dan menolak melakukan negosiasi yang adil di kafe-kafe yang memiliki serikat pekerja.

Penasihat umum NLRB juga menetapkan bahwa jaringan kopi tersebut melanggar undang-undang ketenagakerjaan dengan menolak berpartisipasi dalam sesi perundingan bersama jika beberapa pekerja hadir melalui konferensi video. Starbucks membantah melakukan kesalahan dan mengatakan bahwa serikat pekerja adalah pihak yang menolak bernegosiasi dengan iktikad baik.

Permasalahan baru-baru ini dalam hubungan ini termasuk pemogokan pada November, ribuan barista mengeklaim jaringan kopi tersebut menolak bernegosiasi secara adil dengan serikat pekerja. Pemogokan tersebut bertepatan dengan Hari Piala Merah, ketika Starbucks membagikan cangkir-cangkir bertema liburan yang dapat digunakan kembali.

Dapat mengunjungi Baitullah merupakan sebuah kebahagiaan bagi setiap Umat Muslim. Dalam satu tahun terakhir, berapa kali Sobat Republika melaksanakan Umroh?

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement