Sabtu 09 Dec 2023 19:58 WIB

PT Antam Serahkan 1.250 Ayam Petelur Bagi Kelompok Ternak di Kolaka

Bantuan dari Antam diharap berlanjut sehingga masyarakat tetap merasakan manfaatnya.

Peternak sedang beraktivitas di dalam kandang ayam petelur yang dikelolanya (ilustrasi).
Foto: Bowo Pribadi
Peternak sedang beraktivitas di dalam kandang ayam petelur yang dikelolanya (ilustrasi).

REPUBLIKA.CO.ID, KENDARI -- PT Antam Tbk Unit Bisnis Pertambangan Nikel (UBPN) Kolaka menyerahkan 1.250 ekor ayam petelur dan pakan ternak kepada kelompok ternak Barokah di Desa Tambea, Kecamatan Pomalaa, Kabupaten Kolaka, Sulawesi Tenggara.

Bantuan ayam petelur dan pakan ternak itu diserahkan langsung oleh CSR Manager PT Antam UBPN Kolaka Bambang Tri Ariwibowo kepada Ketua Kelompok Ternak Barokah, Iwan, Jumat (8/12/2023). Proses serah terima bantuan tersebut disaksikan langsung oleh Kepala Dinas Perkebunan dan Peternakan Kabupaten Kolaka Hasbir Jaya Razak, Camat Pomalaa Mirdan Athar, serta Kepala Desa Tambea Muslipang Nawir.

Baca Juga

Ketua Kelompok Ternak Barokah Iwan mengatakan, kelompok ternak yang dipimpinnya itu telah menerima sebanyak 2.006 ekor ayam petelur dari PT Antam UBPN Kolaka, dimana pada tahap awal PT Antam UBPN Kolaka menyerahkan 756 ekor ayam petelur. "Kami sudah dua kali dibantu PT Antam. Bantuan pertama itu 756 ekor, kemudian ditambah lagi 1.250 ekor," ucap Iwan.

Iwan menyebutkan, ayam petelur yang dikelola Kelompok Ternak Barokah ini mampu memproduksi hingga 30 rak telur per harinya. Karena itu, ia bersama anggota kelompok ternaknya sangat bersyukur atas bantuan ayam petelur dari PT Antam UBPN Kolaka ini sehingga dapat menunjang perekonomian keluarganya.

 

Kepala Desa Tambea Muslipang Nawir menyebutkan, tahun ini ada 3 kelompok usaha yang dibantu oleh PT Antam UBPN Kolaka di Desa Tambea. "Saat ini sudah ada 2 kelompok yang dibantu, yaitu kelompok peternak ayam dan UKM pengrajin roti. Nanti akan ada lagi satu kelompok yang dibantu PT Antam," kata Nawir.

Dia mengatakan, Antam yang beroperasi di Kecamatan Pomalaa telah banyak membantu masyarakat di Desa Tambea. Sehingga ia berharap, PT Antam UBPN Kolaka dapat terus membantu pelaku usaha kecil dan menengah (UKM) lainnya agar bisa berhasil mengembangkan perekonomiannya.

Kepala Dinas Perkebunan dan Peternakan Kabupaten Kolaka Hasbir Jaya Razak, mengapresisasi bantuan ayam petelur dari PT Antam UBPN Kolaka. Ia juga berharap agar kegiatan ini bisa berkelanjutan, sehingga pelaku UKM yang berada di luar Kecamatan Pomalaa bisa merasakan bantuan dari PT Antam UBPN Kolaka.

"Kami dari Dinas Perkebunan dan Peternakan Kabupaten Kolaka mewakili pemerintah daerah, mengucapkan terima kasih kepada PT Antam yang telah peduli sekaligus memberikan CSR-nya untuk kelompok-kelompok peternak yang ada di wilayah Kecamatan Pomala," katanya.

Untuk diketahui, serah terima dukungan Program Mattirowalie 1.250 ayam petelur kepada Kelompok Ternak Barokah Desa Tambea, Kecamatan Pomalaa, Kabupaten Kolaka ini merupakan Program PPM Tahun 2023.

 

sumber : ANTARA
Yuk gabung diskusi sepak bola di sini ...
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement