Senin 04 Dec 2023 18:10 WIB

Jasa Marga akan Ikut Lelang Tol Getaci?

Jasa Marga sedang fokus menggarap 5 ruas Jalan Tol Trans Jawa.

Rep: Dian Fath Risalah/ Red: Lida Puspaningtyas
Konferensi pers kinerja kuartal III tahun 2023 PT Jasa Marga (Persero) Tbk di Kantor Pusat Jasa Marga, Plaza Taman Mini, Jakarta, Senin (4/12/2023).
Foto: Republika/Dian Fath Risalah
Konferensi pers kinerja kuartal III tahun 2023 PT Jasa Marga (Persero) Tbk di Kantor Pusat Jasa Marga, Plaza Taman Mini, Jakarta, Senin (4/12/2023).

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) melalui Direktorat Jenderal Pembiayaan Infrastruktur Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat atau DJPI akan m melelang ulang pembangunan Proyek Strategis Nasional (PSN) Jalan Tol Gedebage-Tasikmalaya-Cilacap atau Getaci dalam waktu dekat. Sebelumnya, Badan Pengatur Jalan Tol (BPJT) Kementerian PUPR menargetkan perjanjian pengusahaan jalan tol (PPJT) Tol Getaci ditargetkan untuk mulai dapat diteken pada 2024.

Dikonfirmasi perihal hal ini, PT Jasa Marga (Persero) Tbk (JSMR) melalui Business Development Group Head JSMR Aldrin Maulana mengatakan, saat ini Jasa Marga masih akan berfokus menggarap lima proyek utama yang berlokasi di Jalan Tol Trans Jawa. Sehingga belum ada rencana turut serta dalam suksesi lelang tol tersebut.

Baca Juga

"Terkait Getaci, saat ini JSMR masih fokus ke 5 proyek terkait dengan Japek II Selatan, Akses Patimban, Yogyakarta - Bawen, Yogya - Solo dan Tol Probowangi," ujar Aldrin saat ditemui di Jakarta, Senin (4/12/2023).

Saat ini, Jasa Marga sedang fokus menggarap lima ruas Jalan Tol Trans Jawa dengan total ruas mencapai 444,94 kilometer (km). Kelima tol tersebut adalah, Jakarta-Cikampek II Selatan (64 km), Akses Patimban (37,05km), dan Yogyakarta-Bawen (75,82 km), Tol Yogyakarta-Solo (96,57 km) dan Probolinggo-Banyuwangi (171,5 km).  

 

Adapun, Jalan Tol Getaci adalah jalan tol yang termasuk ke dalam salah satu Proyek Strategis Nasional (PSN) di Provinsi Jawa Barat, sebagaimana tercantum dalam Peraturan Presiden Nomor 109 tahun 2020 tentang Percepatan Pelaksanaan Proyek Strategis Nasional.

Proyek Tol Getaci sampai Ciamis ini berperan untuk menghubungkan Jaringan Jalan Tol Getaci dengan Jaringan Jalan Tol NYIA Kulonprogo-Yogyakarta-Solo. Pembangunan jalan tol ini bertujuan untuk menghubungkan Jawa Barat dengan Jawa Tengah serta mendukung pariwisata di Jawa Barat dan Jawa Tengah.

Proyek Jalan Tol Getaci dirancang memiliki satu persimpangan (junction) dan 7 simpang susun (SS) atau interchange yakni persimpangan Gedebage, SS Majalaya, SS Nagreg, SS Garut Utara, SS Garut Selatan, SS Singaparna, SS Tasikmalaya, dan SS Ciamis. Proyek Tol Getaci sampai Ciamis tersebut memiliki panjang 108,3 km dan memiliki 2 x 2 lajur.

Yuk koleksi buku bacaan berkualitas dari buku Republika ...
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement