Sabtu 02 Dec 2023 14:14 WIB

Pupuk Indonesia BUMN Terbaik di Ajang Top BUMN Awards 2023

Ini adalah salah satu bentuk pengakuan publik atas kinerja optimal perusahaan.

Kinerja positif PT Pupuk Indonesia (Persero) kembali terpilih sebagai salah satu BUMN terbaik dan tercatat dalam jajaran
Foto: Pupuk Indonesia
Kinerja positif PT Pupuk Indonesia (Persero) kembali terpilih sebagai salah satu BUMN terbaik dan tercatat dalam jajaran

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Kinerja positif PT Pupuk Indonesia (Persero) kembali terpilih sebagai salah satu BUMN terbaik dan tercatat dalam jajaran "Top Korporasi BUMN Awards 2023" bersama 10 BUMN lainnya di ajang TOP BUMN Awards 2023. Penghargaan secara simbolis diterima oleh SVP Sekretaris Perusahaan Pupuk Indonesia, Wijaya Laksana mewakili manajemen di Jakarta, Kamis (30/11/2023).

Dalam acara tersebut, Wijaya menyampaikan penghargaan dari media Bisnis Indonesia ini adalah salah satu bentuk pengakuan publik atas kinerja optimal perusahaan. Ia menjelaskan bahwa, prestasi ini tidak lepas dari kinerja positif perusahaan pada tahun 2022.

Baca Juga

"Kinerja positif tersebut tentunya berkat arahan dari Kementerian BUMN kepada Pupuk Indonesia untuk melakukan penguatan bisnis eksisting dan berbagai pengembangan usaha lainnya, terutama di sektor komersial," kata Wijaya.

Mulai tahun 2023, Wijaya menyebutkan Pupuk Indonesia akan menciptakan masa depan baru melalui berbagai pengembangan bisnis. Tidak hanya pupuk, melainkan juga chemical business, terutama blue ammonia dan green ammonia.  

 

Dalam pengembangan chemical business, Pupuk Indonesia telah menjalin kerjasama dengan sejumlah mitra strategis, baik dari dalam maupun luar negeri. Berkat inisiatif strategis tersebut, Direktur Utama Pupuk Indonesia, Rahmad Pribadi juga dinobatkan sebagai "The Best CEO: Excellent in Business Intelligence Solutions".

Selain itu, setidaknya tiga anak perusahaan Pupuk Indonesia juga mendapatkan penghargaan Special Achievement TOP BUMN Awards 2023 untuk kategori "Non Infrastructure Industry". Ketiganya yaitu Pupuk Kalimantan Timur yang dinobatkan sebagai "Best Profitability", kemudian Pupuk Kujang peraih "Best ROA (Return Of Assets)" dan Petrokimia Gresik terpilih sebagai "Best Solvency".

"Tentu penghargaan ini memacu seluruh Insan di Pupuk Indonesia group meningkatkan kinerjanya untuk menjadi leader di pasar global, dan menjadi garda terdepan dalam menjaga ketahanan pangan nasional," tandas Wijaya.

TOP BUMN Awards 2023 sendiri merupakan bentuk apresiasi dari Bisnis Indonesia Grup kepada BUMN yang berprestasi. Para BUMN dinilai berdasarkan kinerja, gagasan, inovasi serta transformasi bisnis perusahaan di tengah situasi ekonomi global dan domestik yang sangat dinamis.

Sementara itu, Deputi Bidang Hukum dan Perundang-Undangan Kementerian BUMN RI, Robertus Billitea yang hadir dalam awarding mengatakan, BUMN merupakan badan usaha yang menjadi kepanjangan tangan dan andalan pemerintah dalam pembangunan ekonomi nasional. Ia pun berharap para pemenang semakin termotivasi untuk meningkatkan kinerja dan memberikan kontribusi terbaiknya bagi kemajuan ekonomi.

“Saya berharap para penerima penghargaan akan semakin terpacu untuk memberikan kontribusi terbaik buat perekonomian dan kemajuan bangsa,” kata Robertus.

BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement