Kamis 30 Nov 2023 00:04 WIB

Apakah Kia dan Hyundai Merupakan Perusahaan yang Sama?

Hyundai dan Kia berbagi paket mesin seperti Kia EV6 dengan Hyundai Ioniq 5.

Kia meluncurkan SUV Listrik EV9 GT-Line di arena GIIAS 2023, Agustus lalu. Kia menjadi produsen mobil terbesar media di Korea Selatan.
Foto: Republika/Firkah Fansuri
Kia meluncurkan SUV Listrik EV9 GT-Line di arena GIIAS 2023, Agustus lalu. Kia menjadi produsen mobil terbesar media di Korea Selatan.

REPUBLIKA.CO.ID -- Kedua perusahaan yang berbasis di Korea Selatan ini adalah bagian dari keluarga besar Hyundai Motor Group. Mereka tidak sekadar memproduksi mobil.

Dengan 463 kantor di 43 negara dan sekitar 300 ribu karyawan, grup ini secara aktif bekerja sebagai mitra dalam konsep transportasi dan mobilitas di berbagai bidang termasuk mobilitas jalan raya, pribadi, dan bahkan penerbangan.

Baca Juga

Penggabungan tersebut terjadi pada akhir tahun 1990-an ketika Kia menyatakan kebangkrutan pada puncak krisis keuangan Asia. Pada titik ini, Hyundai turun tangan dan membeli saham pengendali di Kia Motors. Pada tahun 1998, kesepakatan selesai dan tinta mengering.

Sejak itu, merek Kia bergabung dengan anak perusahaan Hyundai Motor Company, termasuk merek seperti Genesis dan sub-merek kendaraan listrik Ioniq.

 

Jadi, apakah Hyundai langsung memiliki Kia? Tidak, Hyudai memiliki sekitar sepertiga dari Kia, tapi masih cukup untuk mengambil keputusan.

Kalau begitu, siapa pemilik Hyundai? Hyundai adalah perusahaan publik di bursa saham Korea Selatan sehingga secara teknis dimiliki oleh pemegang sahamnya. Alhasil, Kia jugalah yang memilikinya.

Dan apakah Hyundai berasal dari Korea? Iya, tepatnya Korea Selatan. Negara asal Hyundai sama dengan tempat lahirnya Kia.

Di Korea Selatan, Kia dan Hyundai terdaftar sebagai merek terpisah dan berdagang di diler yang berdiri sendiri. Namun mengingat, di Australia dan negara-negara lain, apakah Hyundai dan Kia adalah perusahaan yang sama?

Ya. Meskipun kedua perusahaan tersebut sekarang merupakan perusahaan keluarga, Hyundai tetaplah yang membuat Hyundai dan Kia yang membuat mobil Kia.

Sejak pembelian Hyundai, kedua merek telah berbagi banyak teknologi, termasuk platform kendaraan secara keseluruhan.

Selama bertahun-tahun, kedua merek telah berbagi paket mesin dan driveline dan saat ini, seluruh platformnya, misalnya Kia EV6 dan Hyundai Ioniq 5, berbagi dasar dasar yang sama meskipun mobil secara keseluruhan menarik kelompok pembeli yang berbeda.

Dalam perdebatan Kia vs Hyundai, sering kali Kia dianggap sebagai partner junior. Faktanya, Kia sudah ada lebih lama dari Hyundai, didirikan pada tahun 1944 sebagai pembuat pipa baja dan suku cadang sepeda.

Kisah asal mula Hyundai sedikit lebih baru dengan bagian otomotif dari merek tersebut yang didirikan pada tahun 1967 untuk membantu menggerakkan Korea Selatan.

Tentu saja, sejarah Hyundai yang lebih lengkap mencakup fakta bahwa merek tersebut pertama kali dibentuk pada tahun 1947 (tak lama setelah terbentuknya Korea Selatan modern) dan berhasil memobilisasi negara melalui pembangunan jalan raya dan pengoperasian galangan kapal yang besar. Bagian Perusahaan Motor dibentuk dan didirikan pada tahun 1967.

Meskipun ada banyak pertukaran teknologi saat ini, kedua perusahaan masih beroperasi sebagai merek yang berdiri sendiri, termasuk pabrik mereka.

Jadi, di mana Hyundai dibuat? Pabrik utamanya berada di kawasan industri selatan Korea Selatan di Ulsan. Namun, merek tersebut juga memiliki pabrik di Alabama dan Meksiko untuk memasok pasar Amerika Utara.

Dan di mana Kia dibuat? Sebenarnya ada di semua tempat. Perusahaan ini memiliki empat pabrik produksi di Korea Selatan (negara asal Kia) dan lainnya di negara-negara termasuk Tiongkok, India, Jepang, Meksiko, Slovakia, AS, dan Vietnam.

Masa depan terlihat sangat cerah bagi Hyundai dan Kia. Hyundai sudah menjadi salah produsen mobil terbesar di dunia. Kia adalah merek mobil terbesar kedua di Korea Selatan setelah Hyundai.

Kedua merek ini juga telah menerapkan elektrifikasi sejak dini dan memiliki reputasi yang baik di beberapa negara seperti di Australia berkat produk yang secara umum bagus dan garansi pabrik yang terdepan di industri.

sumber : carsguide.com.au
BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement