Selasa 28 Nov 2023 20:48 WIB

BNI Dukung Indonesia by The Harbour Perkuat Hubungan Indonesia-Australia

BNI memiliki fungsi penting menjembatani bilateral Indonesia-Australia.

PT Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk (BNI) mendukung bilateral Indonesia dan Australia.
Foto: Dok. BNI
PT Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk (BNI) mendukung bilateral Indonesia dan Australia.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- PT Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk atau BNI sebagai bank global asal Indonesia ikut proaktif memperkuat hubungan bilateral Indonesia-Australia. Perseroan melihat peluang kerja sama yang sangat besar dan dapat diciptakan sehingga mampu memperkuat ekonomi masing-masing negara.

BNI turut mendukung festival budaya bertajuk Indonesia by the Harbour yang merupakan hasil kolaborasi KJRI Sydney, BNI, dan Garuda Indonesia. Festival tersebut digelar pada 25 November 2023 di Circular Quay Sydney yang disulap menjadi panggung megah bernuansa khas Indonesia. 

Baca Juga

Festival Budaya Indonesia by the Harbour ini tidak hanya terbuka untuk Diaspora asal Indonesia tapi juga untuk seluruh masyarakat Sydney. Konsulat Jenderal RI Sydney Vedi Kurnia Buana menyatakan BNI memiliki fungsi penting dalam menjembatani hubungan bilateral Indonesia-Australia yang terjalin baik selama ini.

"Kami percaya Indonesia By The Harbour ini akan semakin banyak menginspirasi para diaspora Indonesia untuk ikut membantu penguatan hubungan bilateral, sembari mencari potensi pengembangan bisnis Indonesia-Australia. Melalui program Xpora, BNI juga memberikan kesempatan bagi para UMKM lokal Indonesia untuk memperkenalkan produk-produk terbaiknya ke pasar Australia," katanya, dalam keterangan tertulis, Selasa (28/11/2023).

 

Adapun beberapa produk unggulan dari UMKM BNI Xpora yang akan ditampilkan pada pameran di event ini sebagian besar berupa processed food yang sudah melalui kurasi dan disesuaikan dengan ketentuan yang berlaku di pasar Australia, mulai dari kemasan yang sudah menggunakan Bahasa Inggris, menampilkan nutrition facts, serta ketentuan-ketentuan lainnya. Produk unggulan dari UMKM BNI Xpora tersebut dijamin layak ekspor karena sebelumnya sudah pernah diekspor ke beberapa negara mitra dagang Indonesia.

Direktur Wholesale and International Banking BNI Silvano Rumantir menyatakan partisipasi BNI dalam acara ini mencerminkan komitmen perseroan dalam mendukung diaspora mempromosikan kekayaan budaya dan produk UMKM Indonesia. 

"Kami berharap acara ini membuka pintu bagi produk-produk UMKM Indonesia untuk memperkuat eksposurnya di pasar global," katanya.

Silvano melanjutkan, perseroan juga memberikan dukungan pembinaan dasar serta proaktif dalam menginisiasi penyaluran diaspora loan sejak tahun 2021. Melalui kantor luar negeri di tujuh negara, BNI telah membantu solusi pembiayaan bisnis untuk diaspora yang menjadi nasabah BNI di seluruh dunia.

"Melalui langkah proaktif ini, kami berharap dapat memberikan kontribusi positif pada perekonomian Indonesia, meningkatkan eksposur budaya, dan memperluas cakupan internasional. Kami mendukung spirit event Indonesia by the Harbour yang bukan hanya menyatukan budaya, tetapi juga memperkuat hubungan ekonomi dan budaya antara Indonesia dan Australia," katanya.

BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement