Kamis 23 Nov 2023 15:23 WIB

Siap-Siap, BCA Tebar Dividen Interim Rp 5,24 Triliun

Peningkatan jumlah dividen ini sesuai kinerja perseroan yang bertumbuh.

Rep: Retno Wulandhari/ Red: Ahmad Fikri Noor
Bank BCA.
Foto: Republika/Putra M. Akbar
Bank BCA.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- PT Bank Central Asia Tbk (BCA) memutuskan untuk membagikan dividen interim tunai untuk tahun buku yang berakhir pada 31 Desember 2023. Total dividen yang akan dibagikan mencapai Rp 5,24 triliun meningkat 21,4 persen dibandingkan periode yang sama tahun lalu.

Presiden Direktur BCA Jahja Setiaatmadja mengatakan peningkatan jumlah dividen ini sesuai kinerja perseroan yang bertumbuh secara berkelanjutan pada kuartal III 2023. 

Baca Juga

"Ini juga selaras dengan posisi permodalan yang kokoh, likuiditas yang memadai, serta pengembangan bisnis perseroan maupun entitas anak, termasuk investasi untuk pemutakhiran standar teknologi dan keamanan," kata Jahja dalam keterangannya, Kamis (23/11/2023). 

Pembagian dividen interim ini dilakukan berdasarkan keputusan rapat umum pemegang saham tahunan perseroan yang diselenggarakan pada 16 Maret 2023. Berdasarkan rapat tersebut, direksi dengan persetujuan Dewan Komisaris akan melaksanakan pembagian dividen interim tunai sebesar Rp 42,50 per saham.

 

Per September 2023, kredit BCA tumbuh solid di seluruh segmen menjadi Rp 766,1 triliun, atau naik 12,3 persen yoy. Selain itu, perseroan juga mencatat perbaikan kualitas pinjaman secara konsisten serta peningkatan transaksi perbankan dan pendanaan. Menurut Jahja, likuiditas dan permodalan Perseroan juga terjaga pada level yang memadai. 

Dividen interim tunai ini akan diperhitungkan dalam dividen final untuk tahun buku yang berakhir pada tanggal 31 Desember 2023 yang akan dibagikan setelah mendapatkan persetujuan rapat umum pemegang saham tahunan perseroan yang akan diselenggarakan pada 2024.  

Berikut ini merupakan jadwal pembagian dividen BCA:

- Akhir periode perdagangan saham dengan hak dividen (cum dividen)

• Pasar reguler dan negosiasi: 1 Desember 2023

• Pasar tunai: 5 Desember 2023

- Awal periode perdagangan saham tanpa hak dividen (ex dividen)

• Pasar reguler dan negosiasi: 4 Desember 2023 

• Pasar tunai: 6 Desember 2023

- Tanggal daftar pemegang saham yang berhak atas dividen (record date): 5 Desember 2023

- Tanggal pembayaran dividen interim: 20 Desember 2023 

 

Yuk koleksi buku bacaan berkualitas dari buku Republika ...
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement