Selasa 21 Nov 2023 18:58 WIB

Belanja Produk Lokal Hingga Rp 271,6 Triliun, Pertamina Raih Penghargaan Gernas BBI-BBWI

Pertamina gencar mendukung produk lokal menguasai pasar domestik.

Rep: Dedy Darmawan Nasution/ Red: Gita Amanda
PT Pertamina (Persero) berhasil meraih penghargaan dengan kategori nilai belanja terbesar Business Matching Jakarta 2023 dengan realisasi belanja senilai Rp 271,6 triliun di tahun ini. (ilustrasi)
Foto: borneomagazine.com
PT Pertamina (Persero) berhasil meraih penghargaan dengan kategori nilai belanja terbesar Business Matching Jakarta 2023 dengan realisasi belanja senilai Rp 271,6 triliun di tahun ini. (ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- PT Pertamina (Persero) berhasil meraih penghargaan dengan kategori nilai belanja terbesar Business Matching Jakarta 2023 dengan realisasi belanja senilai Rp 271,6 triliun di tahun ini. 

VP CSR & SMEPP Management Pertamina, Fajriyah Usman, mengatakan, realisasi belanja Pertamina untuk produk dalam negeri di tahun 2023 tersebut diperoleh melalui rangkaian temu bisnis PaDi UMKM pada tahun 2023. PaDi UMKM merupakan pasar elektronik yang menyediakan produk-produk pilihan dari para vendor / UMKM Indonesia yang telah dikurasi sesuai dengan kebutuhan pengadaan perusahaan BUMN 

Baca Juga

Menurutnya, penghargaan yang diraih mendorong Pertamina untuk semakin gencar dalam memberikan dukungan bagi produk lokal untuk dapat menguasai pasar domestik hingga kemudian masuk ke dalam pasar internasional. 

“Kami berharap seluruh pihak dapat terus memberikan semangat yang sama dalam mendukung peningkatan kapasitas UMKM guna meningkatkan perekonomian nasional,” kata Fajriyah dalam keterangan resminya, Selasa (21/11/2023), 

 

Fajriyah mengatakan, dengan memberikan akses atas pengetahuan dan keterampilan yang intens kepada para UMKM melalui berbagai pendampingan dan pelatihan, UMKM juga mampu meningkatkan daya saing usaha UMKM di tengah tantangan pasar yang semakin kompetitif.

Pertamina, lanjut dia, juga berkomitmen meningkatkan UMKM ke level unggul dan mandiri sesuai dengan SDGs ke-8, menciptakan pekerjaan layak, mendukung pertumbuhan ekonomi, dan memperkuat ESG di bidang sosial. 

Dalam gelaran Gernas BBI-BBWI, UMKM Pertamina AIU Craft juga berhasil menyabet penghargaan UMKM Terbaik kategori kriya. AIU Craft  merupakan UMKM  yang khusus membuat kerajinan tangan berupa tas lukis dan aksesoris, dengan membawa karakteristik dan  keunikan budaya kota Jakarta dalam setiap karyanya. 

“Terpilih sebagai UMKM terbaik dalam acara Harvesting Gernas BBI BBWI DKI Jakarta 2023 adalah prestasi yang luar biasa, dan ini tidak mungkin terwujud tanpa bimbingan, bantuan, dan dorongan yang kami terima dari Pertamina,” kata Alia Felicia pemilik AIU Craft.

Alia menambahkan, semangat kolaboratif ini bukan hanya tentang meraih gelar terbaik, tetapi juga tentang membangun keberlanjutan dan dampak positif dalam komunitas UMKM lokal. “Terima kasih Pertamina, karena telah menjadi pilar yang kokoh dalam perjalanan kami menuju kesuksesan,” ujarnya.

Acara Harvesting Gernas BBI-BBWI Jakarta 2023 berlangsung tanggal 18-19 November 2023 yang digelar oleh Kementerian Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi, Pemerintah Provinsi DKI Jakarta, Kementerian Badan Usaha Milik Negara (BUMN), Bank Indonesia, dan beberapa BUMN seperti Pertamina. 

Yuk koleksi buku bacaan berkualitas dari buku Republika ...
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement