Senin 13 Nov 2023 22:51 WIB

Kemudahan Akses Buat Penumpang di Bandara Kertajati Meningkat

Waktu tempuh dari Bandung ke Kertajati 90 menit melalui tol Cisumdawu.

Calon penumpang berjalan di Bandara Internasional Jawa Barat (BIJB) di Kertajati, Majalengka, Jawa Barat, Ahad (29/10/2023).
Foto: Antara/Dedhez Anggara
Calon penumpang berjalan di Bandara Internasional Jawa Barat (BIJB) di Kertajati, Majalengka, Jawa Barat, Ahad (29/10/2023).

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Dari sisi jumlah penumpang pesawat, saat ini Bandara Kertajati melayani berkisar 2.160 penumpang hingga mencapai 3.000 penumpang per hari.

Direktur Utama PT Angkasa Pura II Muhammad Awaluddin menyampaikan, pada hari biasa, jumlah penumpang mencapai 2.160 penumpang per hari. Untuk akhir pekan, dapat mencapai di atas 3.000 penumpang, seperti misalnya pada Jumat 3 November yang mencapai 3.612 penumpang.

Baca Juga

"AP II dan maskapai akan terus berupaya meningkatkan jumlah penumpang," ucap Awaluddin melalui keterangan tulis, Senin (13/11/2023).

Masyarakat Jawa Barat merasakan kemudahan akses menuju atau dari Bandara Kertajati karena adanya Tol Cisumdawu dan berbagai moda transportasi darat. "Ini menjadi salah satu faktor pendorong terus meningkatnya keterisian (load factor) Bandara Kertajati," ungkap Awaluddin.

 

Jalan Tol Cisumdawu membuat Bandung yang merupakan Ibu Kota Jawa Barat semakin dekat dengan Bandara Kertajati di Kabupaten Majalengka. Lewat tol tersebut, durasi perjalanan dari antara Bandung menuju Bandara Kertajati hanya sekitar 1 jam dengan mobil pribadi dan 1 jam 30 menit dengan bus.

Adapun pada Senin ini, maskapai Malaysia Airlines telah membuka penerbangan Bandara Kertajati-Kuala Lumpur dan sebaliknya. Executive General Manager Bandara Kertajati Nuril Huda mengatakan penerbangan dari Kuala Lumpur mendarat di Bandara Kertajati pukul 19.50 WIB dan dari Bandara Kertajati berangkat ke Kuala Lumpur pukul 20.50 WIB.

"Penumpang pesawat di penerbangan dari dan ke Kuala Lumpur ini didominasi wisatawan dan pebisnis. Ada dua maskapai yang mengoperasikan rute ini, yaitu AirAsia dan Malaysia Airlines. Jawa Barat menjadi destinasi favorit bagi wisatawan Malaysia dan Bandara Kertajati akan menyambut para wisman dengan baik didukung fasilitas pelayanan dan penunjang yang sangat lengkap," kata Nuril.

 

sumber : ANTARA
Yuk koleksi buku bacaan berkualitas dari buku Republika ...
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement