Senin 13 Nov 2023 06:58 WIB

Kemenkop Tekankan Pentingnya Berwirausaha di Kalangan Santri

Madrasah didorong sebagai salah satu pusat pembelajaran kewirausahaan sejak dini.

Rep: Iit Septyaningsih/ Red: Gita Amanda
Ilustrasi Santri. Sekretaris Kementerian Koperasi dan UKM (Kemenkop) Arif Rahman Hakim menekankan pentingnya membangkitkan energi positif di kalangan generasi muda dan santri.
Foto: Thoudy Badai_Republika
Ilustrasi Santri. Sekretaris Kementerian Koperasi dan UKM (Kemenkop) Arif Rahman Hakim menekankan pentingnya membangkitkan energi positif di kalangan generasi muda dan santri.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Sekretaris Kementerian Koperasi dan UKM (Kemenkop) Arif Rahman Hakim menekankan pentingnya membangkitkan energi positif di kalangan generasi muda dan santri. Itu guna menstimulus berbagai ide kreatif dan inovatif dalam pendidikan maupun berwirausaha.

"Oleh karena itu, saya berharap generasi muda, khususnya para santri, mencintai dan gemar berolahraga. Dari berolahraga, kita dapat membangkitkan energi positif dan memberdayakannya," ujar Arif dalam keterangan resmi, Ahad (12/11/2023).

Baca Juga

Menurutnya, kegiatan berolahraga juga merupakan wadah yang baik dalam menjalin hubungan sosial. Tidak sedikit yang berujung kepada terciptanya relasi dalam menciptakan kegiatan usaha. 

"Melalui hobi yang sama, tujuan yang sama, hingga menciptakan ide-ide baru, serta bekerja sama untuk mencapai tujuan tersebut," tuturnya. Ia menuturkan, prinsip seperti itu sebenarnya telah dijalankan koperasi, yakni didasarkan atas kepentingan dan tujuan sama. 

Koperasi, sambungnya, juga memiliki fungsi pendidikan bagi anggotanya. Maka Kemenkop selalu mendorong lingkungan akademisi seperti Madrasah Mu’allimin ini sebagai salah satu pusat pembelajaran kewirausahaan sejak dini dengan melibatkan para santri dalam wadah laboratorium koperasi.

Laboratorium tersebut, kata Arif, akan menjadi pusat pembelajaran dan inkubasi kewirausahaan bagi para santri yang secara kurikulum akan berkorelasi dengan mata pelajaran yang terkait. Sarana olahraga juga bisa memberikan dukungan bagi pada para santri yang telah berkreasi dalam menumbuhkan jiwa kewirausahaan sejak dini.  

"Saya juga berharap Madrasah Mu'allimin ini sebagai salah satu pusat pembelajaran kewirausahaan sejak dini dengan melibatkan para santri dalam wadah laboratorium koperasi," tutur dia. Dalam kesempatan itu pula, Kemenkop menyerahkan sertifikat Nomor Induk Koperasi (NIK) kepada Ketua Kopontren Amanah Madrasah, di mana diharapkan kopontren tersebut menjadi maju, sehat, kuat, dan mandiri sehingga kopentren ini bisa menjadi pilot project bagi kopontren-kopontren yang lain.

Dengan jumlah santri sebanyak 1.700 orang, Arif meyakini Kopontren Amanah Madrasah memiliki peluang yang luar biasa besar sebagai pencetak wirausaha baru. "Saya yakin ini bisa berkembang pesat apabila kopontren dikelola dengan baik," ujarnya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement