Senin 06 Nov 2023 20:33 WIB

Berencana Nonton Banyak Konser? Jangan Abaikan Pengaturan Keuangan Ini

Jangan tunggu sampai idola menggelar konser, siapkan tabungan khusus untuk konser.

Rep: Shelbi Asrianti/ Red: Friska Yolandha
Konser musik (ilustrasi). Siapkan tabungan khusus untuk konser agar keuangan tidak bocor.
Foto: Republika/Umi Nur Fadhilah
Konser musik (ilustrasi). Siapkan tabungan khusus untuk konser agar keuangan tidak bocor.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Berbagai konser kini hadir bagi para penikmat musik, baik yang menampilkan musisi dalam maupun luar negeri. Bahkan, tidak jarang penggemar mengejar konser yang digelar musisi favoritnya hingga ke luar negeri. Tentunya, semua itu butuh dana yang tidak sedikit.

Seseorang juga perlu melakukan perencanaan keuangan yang baik supaya bisa bersenang-senang menikmati konser atau hal lain seperti jalan-jalan, namun kebutuhan primer dan dana masa depan tidak terganggu. Berikut beberapa tips cerdik yang bisa dilakukan.

Baca Juga

Buat perincian dana yang dibutuhkan

Lewat siaran pers yang diterima Republika.co.id, Bank DBS Indonesia menyarankan untuk membuat rincian dana. Pastikan telah mengetahui dengan jelas berapa uang yang harus dikeluarkan untuk tiket konser, konsumsi, transportasi, akomodasi, serta uang tambahan untuk membeli souvenir. Jangan lupa tetap bijak dalam menggunakan uang dan sisihkan sebagian dana untuk hal-hal tidak terduga.

 

'Sedia payung sebelum hujan'

Jangan menunggu band atau musisi idola mengumumkan tur, baru mempersiapkan dana konser. Sebaliknya, mulailah menabung sedini mungkin, bahkan sebelum pengumuman konser itu datang. Siasati dengan cara membagi dana tabungan ke beberapa rekening terpisah.

Cari penghasilan tambahan

Selain menabung, cari penghasilan lebih yang dapat membantu untuk mengumpulkan uang tiket konser dengan lebih cepat. Dana tambahan ini pun dapat digunakan untuk menikmati transportasi dan akomodasi yang lebih nyaman, sehingga perjalanan semakin menyenangkan. Beberapa alternatif untuk mencari penghasilan tambahan, seperti melakukan kerja paruh waktu, freelance, atau menjual barang-barang preloved.

Ubah transaksi menjadi cicilan

Apabila harus langsung membayar tiket konser, pesawat, hotel, dan lain-lain di muka, sebagian orang mungkin menganggapnya berat. Fitur cicilan di perbankan digital bisa dipakai agar pengeluaran terbagi selama beberapa bulan. Hal ini dapat membuat pengelolaan pengeluatan bulanan lebih fleksibel, sekaligus mempertahankan arus kas yang lebih baik. 

Manfaatkan berbagai diskon dan promo

Supaya pengeluaran lebih hemat, rajin-rajinlah menelusuri berbagai sumber informasi diskon dan promo, termasuk di situs web perjalanan hingga aplikasi pemesanan hotel. Sebelum membuat keputusan, jangan lupa bandingkan harga dari beberapa penyedia. Jika memiliki kode promo, segera pakai saat pembayaran.

BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement