Kamis 02 Nov 2023 16:16 WIB

Festival Urban Farming Libatkan Milenial Penuhi Kebutuhan Pangan

Kalangan milenial harus berperan memenuhi kebutuhan pangan di daerahnya.

Ilustrasi petani milenial bercocok tanam.
Foto: Antara/Ari Bowo Sucipto
Ilustrasi petani milenial bercocok tanam.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Kegiatan Festival Urban Farming yang baru ditutup Rabu (1/11) melibatkan generasi milenial untuk ikut berkontribusi memenuhi kebutuhan pangan di Ibu Kota.

"Kami mengajak milenial  untuk memenuhi kebutuhan pangannya sendiri sekaligus dipakai jadi sumber penghasilan," kata Kepala Dinas Ketahanan Pangan, Kelautan, dan Pertanian (KPKP) DKI Jakarta Suharini Eliawati saat dikonfirmasi di Jakarta, Kamis (2/11/2023). 

Baca Juga

Menurut Suharini,  Festival Urban Farming pada 30 Oktober - 1 November bertujuan menyosialisasikan masyarakat termasuk kalangan muda tentang pentingnya memanfaatkan lahan di sekitar rumah untuk membudidayakan sayuran dan buah-buahan.

Festival Urban Farming 2023  diisi berbagai kegiatan, mulai dari pembagian bibit tanaman dan benih ikan gratis, pelayanan kesehatan hewan gratis hingga pengujian laboratorium keamanan pangan. 

 

Kemudian terdapat 44 gerai (stan) bazar yang diikuti para pelaku usaha mikro, kecil dan menengah (UMKM), bimbingan teknis dengan materi budidaya melon, hidroponik, anggur, pepaya dan olahan rosela serta merangkai bunga.

Pada hari ketiga festival diisi dengan berbagai acara di antaranya bincang-binvang dengan petani milenial lintas provinsi, pelatihan atau bimbingan teknis (bimtek) olahan pepaya dan rosela, serta lomba membuat sampel (hampers) sayur segar, fotografi, tanaman hias sansiviera dan aglonema.

"Selama tiga hari kegiatan festival, kami juga telah membagikan sebanyak 19.500 bibit tanaman produktif kepada pengunjung," ujar Suharini.

Selain itu, Pemprov DKI Jakarta juga bersinergi dengan kampus dan sejumlah publik figur untuk menggaet lebih banyak lagi generasi muda Gen Z tertarik menggeluti sektor pertanian.

Petani milenial dari Jakarta, Bogor, Bandung dan Banten hadir dalam sesi talkshow atau bincang-bincang pada Festival Urban Farming 2023. Turut hadir publik figur sekaligus pemerhati lingkungan dan anak, Vicky Shu pada sesi talkshow bersama petani milenial lintas provinsi.

Vicky Shu mengajak generasi muda untuk terjun menggeluti sektor pertanian karena menurutnya menjadi petani merupakan salah satu pekerjaan mulia.

"Bertani itu keren, baik sebenarnya. Menurut saya, petani merupakan salah satu pekerjaan mulia untuk memenuhi kebutuhan pangan warga," ujar Vicky Shu.

Ia juga mengaku sudah lama tertarik terjun di sektor pertanian dan menjadi penggiat urban farming (pertanian perkotaan) khusus tanaman obat-obatan.

Diketahui, Dinas KPKP DKI Jakarta bersama Kementerian Pertanian sejak 2023 telah mengirimkan enam generasi muda gen Z untuk ikut pelatihan ke Jepang mempelajari pertanian.

Program pelatihan ini dalam rangka mempersiapkan generasi muda menjadi petani milenial sebagai benteng ketahanan pangan di Jakarta.

"Alhamdulilah, Pj Gubernur DKI Jakarta hari ini juga telah memanen sebanyak 34 ribu dari 100 ribu pohon cabai yang ditanam pada bulan Juli 2023 dengan hasil panen sebanyak 3.600 kilogram cabai. Ini bukti dari giat gerakan bersama, kita mampu memenuhi kebutuhan pangan sendiri," jelas Suharini.

sumber : Antara
BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement