Rabu 01 Nov 2023 18:56 WIB

KITB Bantu Pasok 75 Ribu Liter Air Bersih untuk Terdampak Kekeringan di Batang

Diperkirakan sebanyak 2.700 KK yang terbantu oleh program CSR Grand Batang City.

Rabu (1/11/ 2023 PT Kawasan Industri Terpadu Batang (KITB) atau Grand Batang City sebagai Proyek Stategis Nasional (PSN) melaksanakan program CSRnya dengan memberikan bantuan air bersih ke beberapa desa yang mengalami kekeringan di Kabupaten Batang.
Foto: KITB
Rabu (1/11/ 2023 PT Kawasan Industri Terpadu Batang (KITB) atau Grand Batang City sebagai Proyek Stategis Nasional (PSN) melaksanakan program CSRnya dengan memberikan bantuan air bersih ke beberapa desa yang mengalami kekeringan di Kabupaten Batang.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Rabu (1/11/ 2023 PT Kawasan Industri Terpadu Batang (KITB) atau Grand Batang City sebagai Proyek Stategis Nasional (PSN) melaksanakan program CSRnya dengan memberikan bantuan air bersih ke beberapa desa yang mengalami kekeringan di Kabupaten Batang. Adapun Desa yang mengalami kekeringan sejak akhir September akibat kemarau berkepanjangan di Kab. Batang adalah Desa Candi, Bandar dan Desa Pretek, Pecalungan.

Kegiatan ini merupakan langkah yang sangat baik dalam membantu memenuhi kebutuhan masyarakat setempat. Diperkirakan sebanyak 2.700 KK yang terbantu oleh program CSR ini.

Baca Juga

Program CSR KITB kali ini tidak dilaksanakan sendiri melainkan melalui kolaborasi antara Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Batang dan Palang Merah Indonesia (PMI) Kab.Batang untuk membantu dalam pendistribusian kepada masyarakat sedangkan sumber air bersih dipasok oleh PDAM Sendang Kamulyan. Kolaborasi dengan Lembaga-lembaga ini dapat memperkuat efektivitas program dan memastikan distribusi air tepat sasaran. Inisiatif CSR ini memiliki dampak positif, terutama dalam penyedian pasokan air bersih untuk rumah tangga. 

Jumlah bantuan yang diberikan oleh KITB sebanyak lima tanki air disetiap titik, dengan total 15 tangki air bersih. Total Volume air yang disediakan mencapai 75 ribu liter. Jumlah ini mencerminkan komitmen KITB untuk membantu memenuhi kebutuhan air bersih masyarakat. Hal ini sangat penting dalam meningkatkan kualitas hidup masyarakat, terutama dalam hal sanitasi, Kesehatan, dan kebutuhan sehari-hari.

Ahmad Luthfi, Kepala Desa Candi mengatakan menerima dengan senang hati bantuan dari KITB. Mereka mengaku bersyukur karena mendapatkan bantuan air bersih dimana pada kesempatan kali ini Desa Candi mengalami kesulitan air, terutama air bersih karena kemarau berkepanjangan.

"Semoga dengan bantuan dari KITB ini bisa bermanfaat bagi masyarakat sehingga sambal menunggu datangnya hujan dan nanti kitab isa menikmati air yang diberikan oleh KITB. Sekali lagi terima kasih banyak KITB, PMI, dan BPBD telah memberikan bantuan air bersih di Desa Candi," ujarnya. 

M Burhan Murtaki selaku General Manager Corporate Secretary PT KITB mengatakan kegiatan ini merupakan salah satu bentuk implementasi KITB sebagai kawasan industri yang smart and sustainable. "Tidak hanya mampu menggerakkan ekonomi dan menyerap tenaga kerja tapi juga mampu menghadirkan manfaat dan jalinan sosial dengan lingkungan sekitar,” katanya.

Semoga dengan adanya CSR dapat memberikan manfaat yang signifikan bagi masyarakat Kabupaten Batang. Ini meruapakan salah satu contoh baik tentang bagaimana perusahaan dapat berperan aktif dalam memberikan kotribusi positif kepada masyarakat.

Dapat mengunjungi Baitullah merupakan sebuah kebahagiaan bagi setiap Umat Muslim. Dalam satu tahun terakhir, berapa kali Sobat Republika melaksanakan Umroh?

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement