Ahad 29 Oct 2023 16:49 WIB

Mau Mulai Bisnis Franchise? Simak Dulu Tips Ini

Pastikan produk punya kekhasan dan franchise sudah punya SOP.

Berbagai varian dimsum (ilustrasi).
Foto: Republika/Farah Nabila Noersativa
Berbagai varian dimsum (ilustrasi).

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Franchise atau waralaba merupakan bentuk strategi bisnis yang sedang berkembang pesat di Indonesia. Salah satu aspek paling menarik dari bisnis franchise adalah kemampuan untuk memanfaatkan merek yang sudah mapan dan sistem usaha yang telah teruji, tanpa harus memulainya dari awal.

Kontribusi terbesar dalam pertumbuhan industri franchise di Indonesia datang dari sektor kuliner. Bisnis kuliner menawarkan peluang yang sangat menguntungkan karena memiliki pangsa pasar yang besar dan relatif mudah untuk dijalankan. 

Baca Juga

Bersama NinjaXpress, Dimsum Yang yang merupakan salah satu bisnis kuliner dimsum prasmanan di Indonesia 2021, membagikan tips bisnis franchise.

> Pastikan Merek Sudah Punya SOP

Setiap franchise harus memiliki prosedur operasional standar (SOP) agar model bisnisnya dapat dijalankan secara efisien dan sukses.

 

> Memiliki Ciri Khas Produk

Dengan memiliki ciri kha unik, merek bisnis tersebut dapat lebih mudah dikenali masyarakat. Selain itu, sifat-sifat khas merek juga memengaruhi kualitas dan kecocokan produk dengan konsumen.

 

> Konsisten Menjaga Kualitas Rasa

Dalam mengembangkan bisnis di sektor kuliner, menjaga dan konsisten dalam menciptakan rasa makanan menjadi aspek yang sangat krusial. Karena rasa makanan dianggap sebagai faktor kunci dalam kesuksesan bisnis kuliner. Hal ini menjadi semakin penting untuk mempertahankan pelanggan agar mereka tidak beralih ke tempat lain.

 

> Membuat Tim Manajemen untuk Mendukung Mitra

Membuat tim manajemen sangat penting untuk memberikan bantuan manajemen kepada para mitra. Seperti menyediakan pasokan bahan baku, melakukan pemasaran online, menyediakan foto produk, dan lainnya.

 

> Strategi Pemasaran yang Tepat

Strategi pemasaran yang tepat membantu Anda untuk dapat mengidentifikasi, menjangkau, dan memuaskan pelanggan dengan lebih baik, yang pada gilirannya berkontribusi pada pertumbuhan dan kesuksesan jangka panjang perusahaan. Salah satu contoh dari strategi pemasaran yang dapat digunakan yaitu dengan memanfaatkan platform digital, melakukan live selling, sampai dengan melakukan endorsement.

Owner Dimsum Yang, Ujang, menyampaikan, mengembangkan bisnis hingga membuka franchise merupakan salah satu mimpi pelaku bisnis kuliner. "Dengan franchise, produk Dimsum Yang bisa dinikmati konsumen lebih luas," kata Ujang.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement