Senin 15 Apr 2024 20:50 WIB

Senang Wewangian? Ini Tips Memulai Bisnis Parfum Sendiri

Pahami siapa pasar yang dituju dan identifikasi apa yang belum ada di pasaran.

Produk parfum (ilustrasi).
Foto: www.freepik.com
Produk parfum (ilustrasi).

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Dalam memulai usaha parfum, mengenali pasar yang dituju menjadi hal yang krusial. Sejak awal perlu memiliki pemahaman yang jelas mengenai siapa target pasar yang akan digaet.

CEO sekaligus Founder Alchemist Fragrance Naya Tinanda Nabila mengatakan, industri parfum saat ini mengalami pertumbuhan yang pesat. Namun, banyak pelaku usaha yang lupa akan esensi atau nilai yang ingin disampaikan.

Baca Juga

"Kalau industri lagi berkembang banget itu banyak yang mau masuk, tapi jangan melupakan esensi atau value. Mau masuk untuk menjawab apa? Apa yang lain belum punya tapi aku punya? Itu harus ada, dan jangan dilupakan," kata Naya.

Naya menjelaskan, memahami dengan baik siapa pasar yang dituju dan identifikasi apa yang belum ada di pasaran juga penting. Sebab hal-hal itu menjadi kunci utama dalam membedakan diri dari pesaing.

Selain itu, manfaatkanlah era digital yang sangat mendukung perkembangan usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM). Dengan digitalisasi, penghalang untuk masuk menjadi lebih rendah, sehingga memudahkan untuk memasuki pasar.

"Jadi, baik itu media sosial, platform e-commerce sangat membantu untuk kita bisa menggapai audiens lebih besar yang tadinya itu mungkin kalau kita lakukan sendiri sulit," ujar Naya.

Namun, di sisi lain hal tersebut juga memerlukan pemahaman yang baik mengenai celah pasar, strategi yang tepat, dan siapa target pasar yang akan dituju. Terlebih e-commerce bisa dimanfaatkan dengan baik untuk menggaet konsumen yang jauh atau tidak dapat digapai dengan mudah.

Sebagai contoh, saat meluncurkan produk bersama Tokopedia sejak awal menjadi strategi Naya, karena e-commerce tersebut memiliki pangsa pasar yang besar dan banyak pelanggan yang memiliki kecenderungan belanja di sana untuk memenuhi kebutuhannya di sana. Selain itu, penting untuk aktif menggugah kesadaran pelanggan dengan berkolaborasi dengan platform dan ikut serta dalam berbagai kampanye.

Keterlibatan brand dalam kampanye-kampanye ini akan membantu meningkatkan kesadaran pelanggan dan menguatkan citra brand di mata konsumen. Dengan demikian, memanfaatkan era digital dan berkolaborasi dengan platform-platform e-commerce menjadi strategi yang sangat efektif untuk memulai dan mengembangkan usaha parfum kita.

 

sumber : ANTARA
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement