Kamis 26 Oct 2023 14:48 WIB

Suzuki Catat Penjualan Global Mobilnya Capai 80 Juta Unit

Suzuki Alto menyumbang 20 persen dari total penjualan Suzuki Global.

Suzuki Alto
Suzuki Alto

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Suzuki Motor Corporation mencatatkan penjualan kendaraan roda empat global secara kumulatif telah mencapai 80 juta unit hingga akhir Agustus 2023. Perinciannya, sebanyak 28,9 juta unit mobil di Jepang dan 51,27 juta unit sisanya di luar negeri.

Secara global berdasarkan wilayah, angka penjualan di Jepang berkontribusi 36 persen, di India sebesar 32,6 persen, Eropa sebesar 10 persen, Asia sebesar 13,5 persen, dan wilayah lainnya sebesar 7,8 persen meliputi Amerika Utara, Amerika Tengah dan Selatan, Oseania, Timur Tengah, Afrika, dan negara lainnya.

Baca Juga

"Kami ingin mengucapkan terima kasih kepada pelanggan kami yang telah menggunakan produk Suzuki. Suzuki Alto memiliki catatan penjualan tertinggi dan memiliki peran penting terhadap kendaraan mini milik Suzuki dan juga sejarah Suzuki sendiri," kata Presiden Suzuki Toshihiro Suzuki dalam keterangan resmi di Jakarta, belum lama ini.

Dia mengatakan, Suzuki meninjau kembali prinsip menempatkan diri pada posisi pelanggan yang telah diturunkan dari pendiri perusahaan. Suzuki, kata Toshihiro, akan terus melakukan upaya lebih lanjut untuk mewujudkan nilai-nilai "Sho, Sho, Kei, Tan, Bi (Smaller, Fewer, Lighter, Shorter, and Beauty)" yang mewakili inti manufaktur Suzuki.

"Kami juga akan terus menghadirkan produk dan layanan yang mendukung transportasi harian bagi pelanggan, kendaraan yang ramah lingkungan, dan menjadi teman sehari-hari yang selalu dapat diandalkan," ujar dia.

Sejak kali pertama meluncurkan kendaraan roda empat ringan pertama yang diproduksi secara massal Suzulight pada Oktober 1955 di Jepang, Suzuki selalu berkomitmen untuk menghadirkan produk orisinal yang telah disesuaikan dengan keinginan dan kebutuhan konsumen. Suzuki juga terus bergerak maju dengan inovasi dan pengembangan beragam jenis kendaraan ringan roda empat. 

Saat ini, Suzuki memiliki 15 basis produksi mobil di 10 negara di seluruh dunia, termasuk Jepang, dan mobil Suzuki telah dipasarkan di 184 negara dan wilayah yang tersebar di seluruh dunia.

Suzuki Alto, saat ini menyumbang 20 persen dari total penjualan Suzuki Global yang telah mencapai 80 juta unit akhir bulan lalu. Suzuki Alto yang merupakan kendaraan roda empat ringan asal Jepang ini tidak hanya tersebar di Jepang, tetapi juga di seluruh dunia dan berkontribusi terhadap penjualan secara signifikan terutama di India.

 

sumber : ANTARA
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement