Selasa 24 Oct 2023 15:27 WIB

Harga Cabai di Mataram Naik Hingga Rp 60 Ribu per Kilogram

Harga cabai di Pasar Mandalika Rp 55 ribu per kilogram.

Pedagang menata cabai dagangannya di Pasar Senen, Jakarta, Senin (27/2/2023).
Foto: Republika/Prayogi.
Pedagang menata cabai dagangannya di Pasar Senen, Jakarta, Senin (27/2/2023).

REPUBLIKA.CO.ID, MATARAM -- Dinas Perdagangan Kota Mataram, Provinsi Nusa Tenggara Barat, menyebutkan, harga cabai rawit di sejumlah pasar tradisional di Kota Mataram terus mengalami kenaikan hingga hari ini tembus Rp 60 ribu per kilogram.

"Di pasar-pasar besar, seperti Mandalika dan Kebon Roek harga cabai mencapai Rp 55 ribu per kilogram, tapi di pasar kecil seperti di Dasan Agung, Pagesangan, dan lainnya harga cabai mencapai Rp 60 ribu per kilogram," kata Kepala Bidang Barang Pokok dan Penting pada Dinas Perdagangan Kota Mataram Sri Wahyunida di Mataram, Selasa (24/10/2023).

Kenaikan harga cabai ini terjadi sejak pekan lalu secara bertahap, dari harga awal Rp 25 ribu per kilogram, kemudian menjadi Rp 35 ribu per kilogram, naik lagi pada Sabtu (21/10) menjadi Rp 45 ribu per kilogram dan hari ini (Selasa 24/10) menjadi Rp 55 ribu-Rp 60 ribu per kilogram.

Menurutnya, dari hasil koordinasi dengan distributor penyebab kenaikan harga cabai rawit dipengaruhi oleh faktor cuaca kemarau panjang, meskipun sebelumnya di musim panen stoknya cukup melimpah.

"Sekarang musim kemarau belum selesai, sementara pasokan air di lahan petani menjadi berkurang menyebabkan tanaman cabai jadi kering dan keriting sehingga produksi cabai tidak maksimal," katanya.

Sementara untuk mengantisipasi kenaikan ini agar tidak berkelanjutan, Disdag segera berkoordinasi dengan Pemerintah Provinsi NTB dan para pemangku kepentingan.

"Kondisi ini perlu kita antisipasi segera, karena itu besok kami akan turun lagi untuk koordinasi lebih lanjut," katanya.

Lebih jauh Sri mengatakan, harga cabai di Pasar Mandalika Rp 55 ribu per kilogram tidak bisa dijadikan acuan tunggal sebab Pasar Mandalika menjadi pasar induk tempat pedagang di pasar-pasar lainnya mengambil barang.

"Dengan harga yang bervariasi itu, kita rata-ratakan di enam pasar itu harga cabai tembus Rp 60 ribu per kilogram," katanya.

Sementara lanjut Sri, harga komoditas pertanian untuk bumbu dapur lain, seperti bawang putih, bawang merah, tomat, dan lainnya harganya masih stabil.

"Harga bawang putih Rp 32 ribu per kilogram, bawang merah Rp 13 ribu per kilogram, sedangkan tomat juga masih bertahan Rp 3.000 per kilogram," katanya.

sumber : ANTARA
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement