Jumat 13 Oct 2023 13:45 WIB

Tunjuk Erick Thohir Gantikan Luhut, Ini Kata Jokowi

Jokowi mendoakan Luhut segera sehat kembali.

Rep: Muhammad Nursyamsi/ Red: Fuji Pratiwi
Presiden Joko Widodo didampingi Ketua PSSI Erick Thohir usai menyaksikan laga penyisihan Piala Asia antara timnas Indonesia U23 melawan Turkmenistan di Stadion Manahan, Solo, Selasa (12/9/2023).
Foto: Dok PSSI
Presiden Joko Widodo didampingi Ketua PSSI Erick Thohir usai menyaksikan laga penyisihan Piala Asia antara timnas Indonesia U23 melawan Turkmenistan di Stadion Manahan, Solo, Selasa (12/9/2023).

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir merupakan menteri andalan Presiden Joko Widodo (Jokowi). Erick kerap mendapat penugasan penting dari presiden.

Terbaru, Jokowi menugaskan Erick sebagai menteri koordinator kemaritiman dan investasi ad interm menggantikan Luhut Binsar Pandjaitan yang berhenti sementara karena harus menjalani perawatan kesehatan. Jokowi mengatakan, tugas harian di Kementerian Koordinasi Bidang Kemaritiman dan Investasi (Kemenko Marves) sudah berjalan dengan baik.

Baca Juga

"Sekarang ad interm, sekarang menko marves kan sudah dipegang Pak Erick (Menteri BUMN Erick Thohir). Jadi, secara harian sudah tidak ada masalah," ujar Jokowi di Jakarta, kemarin malam.

Jokowi mengungkapkan, hal tersebut saat menjawab pertanyaan wartawan perihal kondisi terkini Luhut Binsar Pandjaitan yang sedang dirawat. "Kita terus berdoa agar Pak Luhut diberi kesembuhan cepat," kata Jokowi.

Saat menjawab media, Presiden didampingi oleh Menteri Koordinator Kemaritiman dan Investasi Ad-interim sekaligus Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir, Kapolri Jenderal (Polisi) Listyo Sigit Prabowo, Panglima TNI Laksamana Yudo Margono, serta Menteri Pemuda dan Olahraga Dito Ariotedjo. 

Sebelumnya dikabarkan bahwa Menko Marves Luhut Binsar Pandjaitan mengalami kelelahan yang luar biasa sehingga diminta istirahat total oleh tim dokter. Dengan demikian, posisi Menko Marves kosong sehingga Erick ditunjuk sebagai ad interim.

Erick yang namanya santer disebut-sebut sebagai cawapres terkuat itu berusaha menjalankan amanah dengan maksimal.

"Saya tentu terima kasih atas kepercayaan Bapak Presiden. Tentu amanah ini sangat berat, tapi harus saya lakukan sebaik-baiknya," ujar Erick di Jakarta, Rabu (11/10/2023).

Erick menyampaikan keberhasilan seorang pemimpin tak lepas dari kerja sama tim yang baik. Hal ini pun terjadi di Kemenko Marves yang selama ini dipimpin Luhut.

"Saya yakini di tempat Menkomarinves, Pak Luhut, punya tim yang sangat kuat, tidak mungkin selama ini banyak kerjaan-kerjaan yang didorong Pak Menko berhasil," ujar Erick. 

Erick mengatakan BUMN dan Kemenko Marves selama ini pun telah berkolaborasi dalam banyak hal. Salah satunya percepatan kereta cepat, Whoosh. Erick menyampaikan BUMN yang fokus dalam membangun infrastruktur kereta cepat mendapat dukungan penuh dari Luhut yang terus mendorong percepatan infrastrukturnya.

"Saya punya tim yang bagus di PSSI, saya punya tim yang bagus di BUMN, Pak Menko punya tim yang bagus. Saya rasa bukan sebuah kesulitan, tinggal kurang tidur," kata Erick. 

 

Dapat mengunjungi Baitullah merupakan sebuah kebahagiaan bagi setiap Umat Muslim. Dalam satu tahun terakhir, berapa kali Sobat Republika melaksanakan Umroh?

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement