Rabu 11 Oct 2023 10:00 WIB

KAI Investasi Rp 5,6 Miliar untuk Bikin Gerbong Suite Class Termewah 

Tiga unit kereta mewah ini akan dirangkaikan pada KA Bima serta KA Argo Semeru.

Rep: Dedy Darmawan Nasution/ Red: Fuji Pratiwi
PT Kereta Api Indonesia (Persero) meresmikan meluncurkan Kereta Suite Class Compartment di Stasiun Gambir, Selasa (10/10/2023).
Foto: Republika/Dedy Darmawan
PT Kereta Api Indonesia (Persero) meresmikan meluncurkan Kereta Suite Class Compartment di Stasiun Gambir, Selasa (10/10/2023).

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA — PT Kereta Api Indonesia mengeluarkan investasi sebesar Rp 5,6 miliar untuk membuat satu unit kereta Suite Class Compartment. Kereta Suite Class tersebut menjadi kereta termewah yang dimiliki KAI saat ini dan melayani perjalanan Jakarta-Surabaya pulang pergi. 

Direktur Utama KAI, Didiek Hartantyo, mengatakan, KAI menyiapkan tiga unit kereta mewah ini dan dirangkaikan pada KA Bima serta KA Argo Semeru setiap harinya. KAI menyasar kalangan masyarakat kelas atas yang ingin mendapatkan privasi dan pengalaman menaiki kereta dengan layanan termewah. 

Baca Juga

"Investasi kita satu unit sekitar Rp 5,6 miliar. Kita akan menunggu animo masyarakat, kalau memang tinggi maka kita akan tambah untuk layanan lintas lain," kata Didiek di Stasiun Gambir, Selasa (10/10/2023). 

Didiek menyampaikan, ketepatan waktu perjalanan kereta juga sudah mencapai 99 persen bahkan tembus 99,6 persen. Ia berani menggaransi ketepatan waktu seluruh layanan kereta api karena menjadi salah satu nilai jual kepada konsumen. 

 

Didiek mengeklaim, Suite Class Compartment sudah setara dengan layanana dan fasilitas maskapai termewah yang ada saat ini. Dalam satu gerbong kereta, terdapat 16 ruang privat untuk masing-masing pelanggan.

"Dibandingkan pesawat, terbang masih bertemu orang lain, kalau ini sendiri-sendiri. Layanan kulinernya kita setarakan dengan business class pesawat," ujarnya. 

Didiek menjelaskan, di setiap ruangan privat tersebut, telah terpasang pintu geser yang dapat digerakkan secara otomatis. Desain ruangan didominasi oleh warna coklat keemasan dengan pencahayaan temaram guna memberikan kenyamanan untuk pelanggan.

Adapun kursinya dapat direbahkan (reclining) hingga 180 derajat sehingga dapat berfungsi sebagai kasur tidur. Kursi tersebut dapat diputar (revolving) sehingga penumpang dapat menyesuaikan dengan arah perjalanan kereta api. 

Selain sudut kemiringan sandaran kepala, kaki, dan badan, tingkat kehangatan dari kursi ini juga bisa diatur. Kursi ini juga memiliki fitur pijat yang bisa disetel untuk berbagai teknik pijatan. Pada kursi ini juga ada baki lipat yang bisa difungsikan untuk meja makan atau meja kerja. 

Di sisi dekat jendela terdapat Train Onboard Infotainment System berisi aneka film populer, musik dengan berbagai genre, hingga kanal televisi nasional yang bisa dinikmati sepanjang perjalanan. Pelanggan juga dimanjakan dengan layanan makanan berupa hidangan pembuka, hidangan utama, hidangan penutup, serta aneka minuman dan berbagai layanan spesial lainnya.

 

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement