Senin 09 Oct 2023 09:32 WIB

Harga Minyak Melonjak Akibat Konflik di Timur Tengah 

Dugaan keterlibatan Iran dalam konflik mungkin akan berimbas pada pasokan minyak.

Rep: Novita Intan/ Red: Fuji Pratiwi
Ilustrasi Kilang Minyak
Foto: Republika/Wihdan
Ilustrasi Kilang Minyak

REPUBLIKA.CO.ID, BEIJING-- Harga minyak melonjak lebih dari tiga dolar AS per barel di awal perdagangan Asia pada Senin (9/10/2023). Hal ini karena konflik antara pasukan Israel dan Hamas selama akhir pekan kemarin menimbulkan ketidakpastian politik di Timur Tengah.

Seperti dilansir dari laman Reuters, Senin (9/10/2023) minyak mentah Brent naik 3,34 dolar AS atau 3,95 persen, menjadi 87,92 dolar AS per barel pada 2320 GMT, sementara minyak mentah West Texas Intermediate AS berada 86,23 dolar AS per barel atau naik 3,44 dolar AS, atau 4,16 persen.

Baca Juga

Pejuang Hamas pada Sabtu (7/10/2023) melancarkan serangan militer terbesar terhadap Israel dalam beberapa dekade terakhir sehingga menewaskan ratusan warga Israel dan memicu gelombang serangan udara balasan Israel di Gaza yang berlanjut hingga Ahad (8/10/2023).

Letusan konflik mengancam akan menggagalkan upaya AS untuk menengahi pemulihan hubungan antara Arab Saudi dan Israel. Kerajaan Saudi dikabarkan akan menormalisasi hubungan dengan Israel sebagai imbal balik kesepakatan pertahanan antara Washington dan Riyadh. Normalisasi hubungan Saudi-Israel kemungkinan akan membekukan langkah-langkah menuju perdamaian antara Arab Saudi dan Iran.

 

sumber : Reuters
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement