Jumat 06 Oct 2023 16:41 WIB

Tumbuh 13,05 Persen, Bank Mandiri Salurkan Kredit Wholesale Rp 655,91 Triliun

Perseroan membukukan pertumbuhan kredit 12,34 persen.

Rep: Retno Wulandhari/ Red: Ahmad Fikri Noor
Nasabah menunjukkan layanan aplikasi mobile Kopra Bank Mandiri.
Foto: ANTARA/Fakhri Hermansyah
Nasabah menunjukkan layanan aplikasi mobile Kopra Bank Mandiri.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Bank Mandiri mencatat penyaluran kredit ke segmen wholesale mencapai Rp 655,91 triliun per Agustus 2023. Kinerja tersebut mengalami pertumbuhan sebesar 13,05 persen dibandingkan periode yang sama tahun lalu. 

Direktur Corporate Banking Bank Mandiri Susana Indah Kris Indriati mengatakan penyaluran kredit wholesale mendominasi total pembiayaan sepanjang tahun ini. Secara bank only, perseroan membukukan pertumbuhan kredit 12,34 persen menjadi Rp 996,87 triliun per Agustus 2023.

Baca Juga

“Secara portofolio, pembiayaan ke segmen wholesale berkontribusi sebesar 65,8 persen dari total portofolio kredit perseroan hingga saat ini. Hal ini menegaskan jati diri Bank Mandiri sebagai bank korporasi terbesar di Indonesia,” ujar Indah di Jakarta pada Jumat (6/10/2023). 

Tidak hanya memberikan akses pembiayaan, Bank Mandiri juga memberikan layanan perbankan digital yang komprehensif kepada nasabah wholesale melalui Kopra by Mandiri. Superplatform digital wholesale andalan Bank Mandiri ini menyediakan fitur-fitur yang mampu memberikan kemudahan transaksi bisnis bagi nasabah wholesale secara terintegrasi. 

 

Hal itu dibuktikan dari capaian Kopra by Mandiri yang berhasil mengelola transaksi senilai Rp 12.449 triliun pada akhir Agustus 2023. Lebih dari itu, dalam kurun waktu satu tahun terakhir, pertumbuhan pengguna Kopra by Mandiri meningkat 134 persen year on year (yoy) menjadi 146 ribu lebih pengguna.  

Kopra by Mandiri juga telah memberikan solusi komprehensif terhadap seluruh aspek ekosistem bisnis nasabah wholesale, yang mencakup trade, payment, collection, liquidity, dan value chain financing. Superplatform bank bersandi bursa BMRI itu menawarkan tiga varian solusi, yaitu Kopra Portal, Kopra Host to Host, dan Kopra Partnership.

Bank Mandiri juga sudah merilis Kopra Mobile App di akhir 2022 untuk lebih memudahkan nasabah pengguna Kopra by Mandiri. Sementara itu, Kopra Mobile App dilengkapi dengan berbagai fitur untuk nasabah dengan layanan. 

Mulai dari dashboard keuangan konsolidasi, persetujuan transaksi cash management yang dipadukan dengan perangkat autentikasi melalui Mandiri Mobile Token dan pemeriksaan keabsahan Bank Garansi yang diterbitkan oleh Bank Mandiri. Hingga Juni 2023, Kopra Mobile App telah diunduh sebanyak 25 ribu dan terus bertumbuh. 

Seiring dengan itu, Bank Mandiri optimistis segmen wholesale memiliki potensi yang masih besar. Perseroan akan tetap menghadirkan layanan yang terbaik dan paling modern, serta mendorong pertumbuhan bisnis yang konsisten dan berkelanjutan.

Hingga akhir tahun, Bank Mandiri optimis kredit korporasi bisa tumbuh di kisaran sembilan persen hingga 10 persen yoy. "Guna mencapai target tersebut, perseroan tetap berfokus pada berbagai sektor yang menjadi expertise Bank Mandiri dengan tetap mengedepankan prinsip kehati-hatian," ujar Indah.

BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement