Jumat 29 Sep 2023 09:34 WIB

Inovasi Azaki Food Internasional Inspirasi Perajin Tempe

Tempe Azaki terapkan konsep berkelanjutan dan berhak memakai label US Soy.

Rumah Tempe Azaki Ekspor 13,8 Ton Tempe ke Jepang
Foto: istimewa
Rumah Tempe Azaki Ekspor 13,8 Ton Tempe ke Jepang

REPUBLIKA.CO.ID, KABUPATEN BEKASI -- Forum Tempe Indonesia (FTI) menyebut inovasi salah satu pelaku usaha kecil menengah binaan mereka yakni Azaki Food Internasional dalam menerapkan konsep ramah lingkungan dan berkelanjutan dapat menjadi inspirasi bagi para perajin tempe lain.

"Tempe Azaki merupakan salah satu UKM yang mampu menerobos pasar luar negeri, bisa dikatakan role model produksi tempe berkelanjutan. Tentu saja menjadi inspirasi perajin tempe lain di Indonesia," kata Sekjen Forum Tempe Indonesia Muhammad Ridha di Bekasi, Jawa Barat, Kamis (28/9/2023).

Baca Juga

Dia mengatakan Tempe Azaki menjadi salah satu produsen yang telah mampu menerapkan produksi dengan konsep berkelanjutan hingga berhak menggunakan label ramah lingkungan dari US Soy.

Forum Tempe Indonesia terus mendorong para UKM tempe untuk berinovasi dan meningkatkan kualitas produk baik. Bari sisi standar keamanan pangan maupun penerapan konsep keberlanjutan yang sebenarnya sudah dipraktikkan sejak zaman nenek moyang.

"Kami juga berharap konsumen ke depan akan lebih memilih produk-produk yang ramah lingkungan. Paling tidak itulah bentuk terkecil dari kesertaan kita dalam menjaga kelestarian alam. Kesadaran akan hal tersebut sangat perlu kita kampanyekan," ucapnya.

Azaki Food Internasional pada Selasa (26/9/2023) meresmikan pabrik tempe dengan konsep berkelanjutan. Peresmian dilakukan Duta Besar Amerika Serikat untuk Indonesia Sung Y Kim dan Direktur Jenderal Industri Kecil, Menengah, dan Aneka (IKMA) Kementerian Perindustrian RI Reni Yenita.

Peresmian pabrik ini terasa spesial karena berbagai usaha dan komitmen yang dilakukan Azaki guna menembus pasar dunia akhirnya mendapatkan apresiasi. Sebelum proses peresmian, CEO Azaki Food Internasional Cucup Ruhiyat menerima sertifikat US Sustainable dari Country Director USSEC Indonesia Ibnu Wiyono.

 

sumber : ANTARA
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement