Kamis 28 Sep 2023 17:58 WIB

Hingga Kuartal II, Fintech Batumbu Salurkan Kredit Rp 24,8 Triliun

Realisasi penyaluran kredit kepada UMKM Batumbu meningkat 88 persen.

Rep: Novita Intan/ Red: Ichsan Emrald Alamsyah
Fintech (ilustrasi). PT Berdayakan Usaha Indonesia (Batumbu) menyalurkan kredit sebesar Rp 24,8 triliun kepada pelaku UMKM per kuartal II 2023.
Foto: Republika
Fintech (ilustrasi). PT Berdayakan Usaha Indonesia (Batumbu) menyalurkan kredit sebesar Rp 24,8 triliun kepada pelaku UMKM per kuartal II 2023.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Perusahaan layanan pendanaan bersama berbasis teknologi informasi (LPBBTI) atau financial technology peer to peer lending, PT Berdayakan Usaha Indonesia (Batumbu) menyalurkan kredit sebesar Rp 24,8 triliun kepada pelaku UMKM per kuartal II 2023. Adapun realisasi ini meningkat 88 persen dibandingkan periode sama tahun sebelumnya. 

Direktur Utama Batumbu, Tan Glant Saputra Hadi, mengatakan, peningkatan penyaluran pendanaan ini memiliki korelasi positif terhadap pencapaian pendapatan operasional perusahaan, terjadi lonjakan pertumbuhan sebesar 91 persen jika dibandingkan posisi Desember 2022.

Sepanjang 2022, perusahaan menunjukkan pertumbuhan eksponensial atas pencapaian ini, pertumbuhannya lebih dari lima kali. Selain itu, perusahaan juga dinilai mampu untuk menjaga posisi tingkat keberhasilan 90 hari atau TKB90 pada tingkatan 99,66 persen, dengan penyaluran pendanaan UMKM sektor produktif di 27 provinsi di Indonesia.

Atas dasar pencapaian tersebut, perusahaan meraih penghargaan The Best SME Financing 2023 pada acara The Asian Banker Excellence in Retail Financial Services & Technology Innovation Indonesia Awards 2023.

“Pencapaian ini merupakan wujud dari dedikasi dan usaha tidak kenal lelah dari seluruh insan Batumbu, serta menunjukkan bentuk kepercayaan dan dukungan dari seluruh rekanan Batumbu yang terus meningkat,” ujarnya dalam keterangan tulis, Kamis (28/9/2023).

Selain Batumbu, The Asian Banker juga memberikan penghargaan kepada beberapa institusi keuangan terkemuka lainnya seperti PT Bank Central Asia Tbk (BCA), PT Bank Rakyat Indonesia (BRI) dan AlloBank, yang berhasil memenangkan kategorinya masing-masing. 

Tan Glant menguraikan, Batumbu, yang telah resmi terdaftar dan memperoleh izin usaha dari Otoritas Jasa Keuangan (OJK) pada 2021, memiliki memiliki visi untuk mendukung pengembangan sektor produktif khususnya segmen UMKM. 

Dia menjelaskan, Batumbu menerapkan bisnis model yang berfokus ke manajemen rantai pasok, serta modernisasi kemampuan solusi digital percepatan inklusi keuangan Indonesia. Hal ini yang mengantarkan Batumbu memperoleh award The Asian Banker, di luar sektor perbankan.

The Asian Banker Excellence in Retail Financial Services and Technology Innovation Indonesia Awards 2023 merupakan salah satu program penghargaan tingkat nasional yang bergengsi dan transparan serta memiliki tingkat seleksi yang ketat dalam layanan keuangan konsumen dan teknologi di Indonesia. Adapun pencapaian Batumbu, dinilai juri, juga berdasarkan kinerja perseroan yang berhasil meningkatkan penyaluran pendanaan terakumulasi.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement