Rabu 27 Sep 2023 10:55 WIB

Platform Portal Aset Dukung Akselerasi Digitalisasi di Kementerian BUMN

Langkah pengkinian data Tomps mampu meminimalisasi risiko kepemilikan aset BUMN.

Rep: Muhammad Nursyamsi/ Red: Friska Yolandha
Platform besutan Telkom, Tomps, menjaga keakuratan data aset digital dalam Kementerian BUMN.
Foto: Dok. Telkom
Platform besutan Telkom, Tomps, menjaga keakuratan data aset digital dalam Kementerian BUMN.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- PT Telkom Indonesia (Persero) Tbk (Telkom) terus berupaya menunaikan tanggung jawabnya sebagai poros utama digitalisasi di Indonesia. Hal ini dilakukan melalui implementasi layanan manajemen aset digital di Portal Aset KBUMN, dengan memanfaatkan platform Tomps, salah satu produk digital di bawah payung Leap-Telkom Digital (Leap). 

Direktur Digital Business Telkom Muhamad Fajrin Rasyid mengatakan aset BUMN menjadi hal penting yang sejatinya perlu dilakukan pendataan dan pembaruan data secara berkala. 

Baca Juga

"Implementasi layanan manajemen aset digital yang diberikan oleh Tomps membawa perubahan positif dalam mengoptimalkan manajemen aset yang dimiliki oleh BUMN di Indonesia," ujar Fajrin dalam keterangan tertulis di Jakarta, Selasa (26/9/2023).

Dengan layanan manajemen aset digital yang diberikan oleh Tomps, sebanyak 65 BUMN yang telah menggunakan Portal Aset KBUMN dapat melakukan pemutakhiran data aset tanah maupun bangunan dengan cepat, mudah dan terjaga keakuratannya. Fajrin menyebut implementasi Tomps mampu meningkatkan transparansi, efektivitas, dan akuntabilitas dalam manajemen aset di jajaran BUMN dalam kurun waktu satu tahun terakhir.

Fajrin mengatakan langkah pengkinian data yang dilakukan Tomps di Portal Aset mampu meminimalisasi risiko kepemilikan aset BUMN yang kompleks agar terhindar dari masalah hukum. Pengkinian data secara teratur menjadi upaya strategis guna memitigasi risiko dan memastikan transparansi serta akurasi dalam manajemen aset. 

"Hal ini dapat meningkatkan kepercayaan dari berbagai BUMN terhadap portal aset, karena telah menggunakan layanan manajemen aset dari Tomps untuk mengoptimalkan pengelolaan aset mereka," ucap Fajrin.

Fajrin mengatakan kehadiran Tomps menjadi bukti nyata Telkom dalam mengorkestrasikan ekosistem digital di Indonesia. Sampai dengan 2023, Tomps telah melakukan ratusan kerja sama strategis dengan kementerian dan berbagai perusahaan di Indonesia. 

"Tidak hanya Tomps, Leap Telkom Digital juga memayungi platform digital cerdas lainnya yang dapat diakses oleh seluruh masyarakat," kata Fajrin. 

Kepercayaan senada juga dilantunkan oleh PT ASDP Indonesia Ferry (Persero). Semenjak sistem manajemen aset diimplementasi dengan Tomps, Junior Analis Akuntansi Aset ASDP Indonesia Ferry, Dicky Yulian Anantha merasa platform Portal Aset KBUMN lebih user friendly. 

"Terlebih sekarang layanan dan fiturnya mudah dipahami. Tomps memberikan layanan digital dengan opsi upload yang bisa dilakukan secara efisien dan massal," kata Dicky.  

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement