Senin 25 Sep 2023 12:41 WIB

Jaga Harga Beras, Mendag Keliling Pasar Indonesia untuk Operasi Pasar

Zulhas kembali menekankan masyarakat tak pelu khawatir karena stok beras cukup.

Rep: Intan Pratiwi/ Red: Fuji Pratiwi
Menteri Perdagangan Zulkifli Hasan (Zulhas) melakukan tinjauan ke Pasar Natar, Bandar Lampung.
Foto: Dok istimewa
Menteri Perdagangan Zulkifli Hasan (Zulhas) melakukan tinjauan ke Pasar Natar, Bandar Lampung.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Menteri Perdagangan Zulkifli Hasan menuturkan, pemerintah terus  melakukan berbagai upaya untuk menstabilkan harga beras. Kemendag bersama Badan Pangan  Nasional (Bapanas) dan Bulog melakukan Gerakan Pangan Murah (GPM) di lapangan Jambi Business  Center (JBC), Kecamatan Jambi Selatan, Kota Jambi, Jambi, pada Sabtu, (23/9/2023). GPM dan operasi  pasar dilakukan guna menjaga Stabilisasi Pasokan dan Harga Pasar (SPHP), khususnya komoditas  beras. 

"Operasi pasar ini penting dilakukan untuk menjamin harga beras Bulog di harga Rp 11.000/kg. Kemarin saya ke Makasar, Papua, Lampung, lalu ke Jambi, dan ke Solo. Untuk mengecek harga beras dan ketersediaan stok beras. Pemerintah melalui Kemendag bekerja sama dengan  Bupati, Gubernur, Bulog, dan Bapanas untuk menstabilkan harga beras," kata Zulhas lewat siaran persnya, Senin (25/9/2023).

Baca Juga

Sebagai upaya menekan kenaikan harga beras, pemerintah telah menugaskan Perum Bulog untuk  menyalurkan beras SPHP dengan harga jual sesuai Harga Eceran Tertinggi (HET) di tingkat  konsumen.

Bulog juga diminta melaksakanan GPM yang berkolaborasi dengan pemerintah daerah untuk  menyediakan pangan dengan harga terjangkau. Selain itu, pemerintah juga mempercepat  penyaluran Bantuan Pangan Beras sebesar 10 kg kepada 21,3 juta Keluarga Penerima Manfaat  (KPM) yang semula dijadwalkan berlangsung Oktober menjadi September. 

 

"Saya bersama gubernur, Bulog, dan Bapanas akan menyerahkan Bantuan Pangan Beras dari Presiden Joko Widodo sebanyak 10 kg kepada KPM. Bantuan Pangan Beras akan dibagikan selama  September, Oktober, dan November. Kalau APBN longgar, semoga pada Januari, Februari, dan Maret bantuan pangan akan dibagikan lagi," kata Zulhas menjelaskan.

Pada GPM kali ini pemerintah menyediakan 500 paket beras SPHP Bulog kemasan 5 Kg dengan harga jual di bawah HET. Selain itu terdapat 50 paket sembako dari Gubernur Jambi untuk masyarakat  berpenghasilan rendah. 

Ia menuturkan, masyarakat tidak perlu khawatir dengan stok beras. Saat ini  persediaan beras di Bulog ada 1,6 juta ton dan akan ada tambahan 400 ribu ton. "Stok beras banyak sehingga masyarakat tidak perlu khawatir," ujar Zulhas.

 

Seberapa tertarik Kamu untuk membeli mobil listrik?

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement