Kamis 21 Sep 2023 12:11 WIB

Agar tak Terjebak Pinjol, Bangun Kemandirian Finansial Dengan Ini

Menabung memiliki banyak manfaat yang signifikan untuk masa depan seseorang.

Rep: Rahayu Subekti/ Red: Friska Yolandha
Menabung. Perencana Keuangan Rista Zwestika mengungkapkan membangun kemandirian finansial dapat menjadi cara agar seseorang tidak bergantung pada pinjol atau kredit.
Menabung. Perencana Keuangan Rista Zwestika mengungkapkan membangun kemandirian finansial dapat menjadi cara agar seseorang tidak bergantung pada pinjol atau kredit.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Saat ini beragam dampak negatif maraknya pinjaman online (pinjol) banyak bermunculan. Terbaru, kasus yang tengah viral di media sosial mengenai adanya dugaan pelanggaran penagihan pinjol dari desk collection sehingga menyebabkan bunuh diri.

Perencana Keuangan Rista Zwestika mengungkapkan membangun kemandirian finansial dapat menjadi cara agar seseorang tidak bergantung pada pinjol atau kredit lainnya. salah satu cara untuk membangun kemandirian finansial yaitu menabung.

Baca Juga

"Menabung memiliki banyak manfaat yang signifikan untuk masa depan seseorang," kata Rista kepada Republika.co.id, Kamis (21/9/2023).

Dalam hal kemandirian finansial, Rista mengungkapkan, menabung dapat membantu seseorang untuk menjadi lebih mandiri dalam keuangannya. Hal tersebut dapat dilakukan dengan mengelola uang dengan bijak dan memiliki tabungan yang cukup.

 

"Dengan tabungan yang cukup, seseorang tidak perlu bergantung pada orang lain atau pinjaman untuk memenuhi kebutuhan dan tujuan finansialnya," ucap Rista.

Dia menambahkan, menabung juga dapat memenuhi tujuan keuangan. Rista menegaskan, menabung dapat membantu seseorang mencapai tujuan keuangan jangka pendek dan jangka panjang seperti membeli rumah, mobil, rumah impian bahkan untuk kebutuhan sehari hingga keperluan mendesak.

"Tabungan yang konsisten memungkinkan seseorang untuk mencapai tujuan-tujuan tersebut tanpa harus mengandalkan utang," jelas Rista.

Selain itu, menabung juga dapat memberikan keamanan finansial. Rista menuturkan, menabung memungkinkan seseorang untuk membangun cadangan keuangan yang dapat digunakan sebagai dana darurat dalam keadaan mendesak seperti kehilangan pekerjaan, krisis kesehatan, atau keadaan tak terduga lainnya.

"Dengan memiliki tabungan yang cukup, seseorang tidak perlu bergantung pada utang untuk mengatasi situasi darurat," tutur Rista.

Untuk itu Rista menegaskan jika seseorang mau menghindari pinjol atau utang maka menabung menjadi langkah penting dalam membangun kestabilan finansial. Selain itu juga bisa untuk mempersiapkan masa depan yang lebih baik.

"Mulailah menabung sejak dini dan jaga kebiasaan ini agar dapat mengalami manfaat yang maksimal dalam jangka panjang," ucap Rista.

Yuk koleksi buku bacaan berkualitas dari buku Republika ...
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement