Rabu 20 Sep 2023 15:04 WIB

Pertamina Tambah Alokasi Avtur di Bali-Lombok 10 Persen Jelang MotoGP

Selama semester I 2023, realisasi konsumsi avtur di Bali mencapai 231.754 kiloliter.

Pesawat mendarat di Bandara Bali (Ilustrasi).
Foto: EPA-EFE/MADE NAGI
Pesawat mendarat di Bandara Bali (Ilustrasi).

REPUBLIKA.CO.ID, DENPASAR -- PT Pertamina (Persero) menambah alokasi bahan bakar minyak (BBM) jenis avtur di Bandara Ngurah Rai, Bali, dan Bandara Lombok hingga 10 persen dari realisasi peningkatan konsumsi pada 2022 menjelang pelaksanaan MotoGP 2023 di Mandalika, NTB.

“Alokasi itu sifatnya fakultatif, hanya jika dibutuhkan,” kata Manajer Komunikasi dan CSR Pertamina Patra Niaga Wilayah Jawa Timur, Bali, dan Nusa Tenggara Ahad Rahedi saat dihubungi di Denpasar, Rabu (20/9/2023).

Pemasaran BBM termasuk avtur di Bali berada di bawah koordinasi Pertamina Patra Niaga Operasional Regional (MOR) V Jawa Timur, Bali, dan Nusa Tenggara yang berkedudukan di Surabaya, Jawa Timur.

Berdasarkan data Pertamina Patra Niaga Wilayah Jawa Timur, Bali, dan Nusa Tenggara, pada pelaksanaan MotoGP pada Maret 2022 terjadi peningkatan konsumsi avtur mencapai 2.400 kiloliter di Bandara Internasional I Gusti Ngurah Rai Bali.

 

Penyebabnya, sejumlah maskapai penerbangan mengajukan penambahan frekuensi terbang ke Bali mencapai 480 pesawat selama musim MotoGP 2022.

Peningkatan konsumsi avtur di Bali, kata dia, disebabkan tingginya jumlah penerbangan baik domestik dan internasional yang langsung ke Pulau Dewata. Selain itu, ada juga penerbangan yang transit di Bali kemudian berangkat ke Lombok.

Penambahan jadwal penerbangan itu mengakibatkan lalu lintas penerbangan dan isi ulang avtur di Bandara Ngurah Rai terbilang padat.

Untuk Bandara Lombok pada pelaksanaan MotoGP perdana juga terjadi peningkatan konsumsi avtur secara persentase yakni mendekati 28 persen mencapai 2.300 kiloliter.

“Jadi, kami sudah antisipasi mengacu pelaksanaan 2022,” katanya.

Berdasarkan data terakhir dari Angkasa Pura Bandara Internasional I Gusti Ngurah Rai pada Juli 2023, bandara itu sudah melayani 19 rute domestik dari 13 maskapai penerbangan dan 30 rute internasional dari 34 maskapai nasional dan internasional.

Konsumsi avtur rata-rata harian di Bandara Internasional I Gusti Ngurah Rai Bali per Agustus 2023 mencapai 1.838 kiloliter.

Selama semester I 2023, realisasi konsumsi avtur di Bali mencapai 231.754 kiloliter. Sementara itu, MotoGP Indonesia dijadwalkan berlangsung pada 15 Oktober 2023 di Sirkuit Internasional Mandalika, Lombok, NTB.

sumber : Antara
BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement