Senin 18 Sep 2023 18:53 WIB

Buat yang Anti Ribet, BRI Sediakan Layanan Digital Customer Service

Pergeseran perilaku mendorong bank untuk selalu berinovasi demi loyalitas nasabah.

 Saham PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk atau BBRI konsisten menunjukkan kinerja cemerlang.
Foto: BRI
Saham PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk atau BBRI konsisten menunjukkan kinerja cemerlang.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Era digital telah berdampak pada berbagai aspek kehidupan, salah satunya mengubah pola perilaku konsumsi dan bertransaksi, serta keinginan masyarakat atas layanan yang lebih mudah dan cepat. Pergeseran perilaku masyarakat tersebut menjadi faktor pendorong bagi bank untuk selalu berinovasi agar dapat mempertahankan eksistensinya sekaligus untuk meningkatkan loyalitas nasabahnya.

Termasuk yang dilakukan PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk atau BRI dengan mengubah landscape layanan banking hall dari service centre menjadi sales centre secara bertahap. Salah satu teknologi yang mengakomodir kebutuhan tersebut adalah Mesin New SSB (Digi UB) yang akan diimplementasikan di Unit Kerja Operasional BRI.

Baca Juga

Hal tersebut disampaikan oleh Direktur Jaringan dan Layanan BRI Andrijanto yang mengungkapkan bahwa layanan ini bertujuan untuk memberikan kemudahan akses dan pengalaman bertransaksi kepada nasabah, sambil tetap mempertahankan aspek kebersamaan yang ada dalam layanan perbankan tradisional. Pada akhirnya, hal ini menjadi upaya untuk mengoptimalkan layanan dan menggali potensi transaksi lainnya yang bersifat high impact atau high value.

“BRI sebagai salah satu bank terbesar dan tersebar di Indonesia, menyadari pentingnya melakukan perubahan dengan melakukan pengembangan teknologi, dan juga digitalisasi layanan perbankan secara menyeluruh (end-to end) dalam suatu perjalanan transaksi nasabah (Customer Journey) yang tidak terpisah atau terbatas pada suatu area tertentu. Digitalisasi layanan perbankan ini juga harus tetap berpusat pada demografi dari nasabah BRI, kecepatan, keandalan perangkat, efisiensi dan efektivitas, serta mampu beradaptasi terus menerus menyempurnakan perjalanan digital,” ucap Andrijanto, dalam siaran persnya.

photo
PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk (BRI) bersama dengan anak perusahaan BRI Life kembali menghadirkan produk asuransi terbaru, yakni Asuransi Proteksi Jiwa Terencana “Kirana”. - (BRI)

 

Mesin ini disebut juga Digital CS atau mesin one stop service yang berfungsi untuk melayani transaksi nasabah secara self service. Digital CS merupakan konsep layanan perbankan yang menggabungkan teknologi digital dengan layanan pelanggan yang personal, sehingga layanan prima (service excellence) yang diberikan BRI dapat meningkatkan customer experience.

Digital CS ini dapat melayani beragam aktivitas keuangan nasabah mulai dari, pembukaan rekening (Tabungan BRI Britama, Britama Bisnis, Britama Muda, Simpedes, Simpedes Usaha), penggantian kartu, Reissue PIN, enable kartu, passbook printing (Card and Cardless), cetak rekening koran (Card and Cardless), kirim rekening koran via email (Card and Cardless), cetak lima transaksi terakhir (Card and Cardless), hingga penerbitan kartu debit.

Tak hanya itu, terdapat banyak kelebihan dari Mesin Digital CS ini di antaranya:

1. Mengurai antrean pada Kantor Cabang,

2. Mempercepat bisnis proses dan layanan di Kantor Cabang,

3. Meningkatkan customer experience dan menciptakan seamless customer journey dari awal hingga akhir (end to end) bagi setiap nasabah BRI,

4. Dapat dilakukan validasi nasabah melalui tap E-KTP dan scan fingerprint,

5. Dapat melakukan pemantauan secara terintegrasi untuk seluruh dan kinerja perangkat dalam satu platform,

6. Menciptakan service excellence kepada nasabah dalam melakukan transaksional di Kantor Cabang BRI.

Untuk informasi lebih jauh mengenai layanan Mesin Digital CS BRI, masyarakat dapat mengunjungi website resmi melalui link https://bri.co.id/digital-cs atau akun Instagram @bankbri_id.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement