Sabtu 09 Sep 2023 22:38 WIB

PT PNM Target Penyaluran Pinjaman Rp 70 Triliun

Salah satu upayanua dengan mendorong nasabah PNM Mekaar untuk naik kelas.

Direktur Utama PNM, Arief Mulyadi, optimistis penyaluran pinjaman PNM bisa mencapai Rp 70 triliun tahun ini.
Foto: PNM
Direktur Utama PNM, Arief Mulyadi, optimistis penyaluran pinjaman PNM bisa mencapai Rp 70 triliun tahun ini.

REPUBLIKA.CO.ID, MAKASSAR -- PT Permodalan Nasional Madani (PNM) menargetkan penyaluran pinjaman tahun ini bisa mencapai Rp 70 triliun, setelah sebelumnya terjadi peningkatan pinjaman ultra mikro sejak pandemi Covid-19.

Direktur Utama PNM Arief Mulyadi baru-baru ini di Makassar, Sulawesi Selatan, mengatakan, target penyaluran pinjaman Rp 70 triliun optimistis diraih tahun ini. "Kalau kita berkaca 2021 itu penyaluran kita sekitar Rp 49 triliun, kemudian meningkat pada 2022 menjadi Rp 64 triliun dan tahun ini ditarget tersalur Rp 70 triliun," ujarnya.

Baca Juga

Arief menjelaskan beberapa upaya telah disiapkan untuk mencapai target tersebut. Salah satunya dengan mendorong nasabah program Membina Ekonomi Keluarga Sejahtera (Mekaar) untuk naik kelas.

Ia mengaku angka tersebut merupakan target minimal yang berarti PNM bisa berpeluang mencapai target lebih dari itu. "Jika di masa pandemi Covid-19 saja mereka bisa berjuang, apalagi sekarang. Peningkatannya cukup besar dan angka Rp 70 triliun itu adalah target minimal kita," kata Arief.

Menurut dia, di kondisi pandemi Covid-19 yang terjadi beberapa tahun belakang justru semakin banyak pelaku ultra mikro. Mengingat, pekerja di sektor formal sedikit terganggu di masa-masa itu.

Terlebih, saat ini PNM juga memberikan pembiayaan di semua sektor tanpa melakukan pembagian. Mengingat, tujuan utamanya adalah memperluas kesempatan masyarakat untuk mendapatkan pembiayaan.

Untuk nasabah sendiri hingga saat ini sudah mencapai lebih dari 14 juta nasabah yang memiliki tabungan Simpedes ultra mikro. Sebelum pandemi, kata dia, jumlah nasabah hanya sekitar enam jutaan dan setelah PNM bergabung dengan holding beberapa perbankan seperti BRI serta Pegadaian, jumlah nasabah terus bertambah yang hingga saat ini mencapai 14 juta lebih.

"Sebelum pandemi itu nasabah hanya enam juta dan sekarang 14 juta. Artinya ada peningkatan lebih dari delapan juta," ucapnya.

 

 

 

sumber : ANTARA
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement