Selasa 05 Sep 2023 06:52 WIB

Bertemu PM Vietnam, Jokowi Bahas Kerja Sama Kendaraan Listrik

Kedua negara juga mendorong realisasi kerja sama maritim dan perikanan berkelanjutan.

Rep: Dessy Suciati Saputri/ Red: Lida Puspaningtyas
Presiden Indonesia Joko Widodo bersama Perdana Menteri Vietnam Pham Minh Chinh.
Foto: Willy Kurniawan/Pool Photo via AP
Presiden Indonesia Joko Widodo bersama Perdana Menteri Vietnam Pham Minh Chinh.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Presiden Joko Widodo (Jokowi) dan Perdana Menteri Vietnam Pham Minh Chinh menyambut baik kerja sama pengembangan ekosistem kendaraan listrik oleh sektor swasta, serta mendorong kerja sama antara BUMN kedua negara.

Selain itu, menurut Menteri Luar Negeri Retno Marsudi, kedua pemimpin juga mendorong segera direalisasikannya kerja sama di bidang maritim dan perikanan antara Indonesia dengan Vietnam.

Baca Juga

Hal ini disampaikan Retno usai mendampingi Jokowi dalam pertemuan bilateral dengan PM Vietnam di Istana Merdeka, Jakarta, pada Senin (4/9/2023).

"Dengan Vietnam, PM Vietnam mengundang Bapak Presiden ke Vietnam. Beliau berdua mendorong realisasi kerja sama maritim dan perikanan berkelanjutan," ujar Retno, dikutip dari siaran pers Istana pada Selasa (5/9/2023).

 

Lebih lanjut, Retno menyampaikan bahwa sebagai fondasi kerja sama dalam bidang perikanan tersebut, Presiden mendorong agar kedua negara dapat segera menandatangani nota kesepahaman terkait hal itu.

"Bapak Presiden mendorong agar MoU perikanan dapat segera ditandatangani. Ini sebagai fondasi untuk kerja sama pengelolaan perikanan yang berkelanjutan," kata dia.

Turut mendampingi Presiden dalam pertemuan tersebut yaitu Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan Mahfud Md, Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo, dan Sekretaris Kabinet Pramono Anung.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement