Rabu 23 Aug 2023 16:11 WIB

Pariwisata Mulai Bangkit, Volume Akomodasi Traveloka Tembus 55,5 Persen

Traveloka mencatat, moda transportasi darat mengalami peningkatan signifikan

Rep: Novita Intan/ Red: Ichsan Emrald Alamsyah
Sektor pariwisata di Indonesia dinilai kembali tumbuh pada tahun ini. Adapun berbagai perhelatan internasional yang digelar di Tanah Air disebut turut mendorong sektor ini.
Foto: Needpix
Sektor pariwisata di Indonesia dinilai kembali tumbuh pada tahun ini. Adapun berbagai perhelatan internasional yang digelar di Tanah Air disebut turut mendorong sektor ini.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Sektor pariwisata di Indonesia dinilai kembali tumbuh pada tahun ini. Adapun berbagai perhelatan internasional yang digelar di Tanah Air disebut turut mendorong sektor ini. 

CEO of Transport Traveloka Iko Putera, mengatakan adanya hari libur panjang atau long weekend juga turut memengaruhi kenaikan pariwisata. Per 6 Agustus 2023, volume transaksi pada produk akomodasi mengalami kenaikan sebesar 55,5 persen.

"Selain itu, pada periode yang sama, juga terjadi lonjakan pada volume transaksi pada transportasi darat (bus dan kereta) hingga mencapai 20 persen. Jakarta, Bandung, Surabaya, Yogyakarta dan Semarang tercatat sebagai destinasi favorit pengguna," ujarnya dalam keterangan tulis, Selasa (22/8/2023).

Menurutnya Traveloka juga memastikan pengguna mendapatkan pengalaman yang terbaik dengan digitalisasi penyedia layanan atau perusahaan otobus melalui platform Traveloka. Data internal Traveloka mencatat, moda transportasi darat mengalami peningkatan signifikan baik dari sisi transaksi hingga jumlah kemitraan. 

“Saat ini, mitra transportasi darat Traveloka mencapai lebih dari 400 mitra PO Bus & Travel, serta lebih dari 600 mitra sewa mobil & antar-jemput bandara,” ucapnya.

Menurut Iko, digitalisasi transportasi darat memberikan keuntungan bagi pengguna maupun operator. Bagi pengguna jasa, layanan digital membuat proses transaksi jauh lebih cepat, hemat waktu dan biaya, serta lebih nyaman tanpa harus mengantri, sekaligus bisa langsung membandingkan berbagai opsi layanan, jadwal dan harga yang ditawarkan masing-masing operator. 

Sementara bagi operator, layanan digital akan meningkatkan citra serta kepercayaan konsumen, hingga membuka peluang menggarap pasar lebih luas.

“Melalui inovasi, kolaborasi bersama mitra strategis dan mengadopsi praktik berkelanjutan, Traveloka secara konsisten berkontribusi mempercepat transformasi digital industri pariwisata yang merupakan salah satu penggerak ekonomi utama Indonesia," ucapnya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement