Selasa 22 Aug 2023 16:09 WIB

PLN Jalin Kerja Sama Bisnis Listrik dengan Tanzania

Perusahaan listrik asal Tanzania ingin mengembangkan bisnis bersama PLN.

Rep: Dedy Darmawan Nasution/ Red: Ahmad Fikri Noor
Direktur Utama PLN Darmawan Prasodjo.
Foto: Dok PLN
Direktur Utama PLN Darmawan Prasodjo.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA — PT PLN (Persero) menjalin kerja sama bisnis dengan perusahaan listrik negara asal Tanzania yakni Tanzania Electricity Supply Co. Ltd. (Tanesco) untuk mengembangkan bisnis kelistrikan yang dapat diandalkan dan dapat berkelanjutan. Direktur Utama PLN Darmawan Prasodjo menjelaskan Tanesco telah melihat sepak terjang PLN selama ini dalam bisnis kelistrikan dan menjadi perusahaan listrik global. Berkaca dari sepak terjang PLN, Tanesco ingin melakukan pengembangan bisnis yang sama di Afrika.

"Kami akan bekerja sama dalam pengembangan ekosistem sektor kelistrikan di Tanzania. Tanesco juga melihat transformasi bisnis yang PLN lakukan dan transformasi tersebut hendak diadaptasi oleh mereka di Tanzania. Apalagi, ke depan tantangan listrik berasal energi bersih harus dipecahkan bersama. Untuk itu, kami sangat terbuka atas kolaborasi ini," ujar Darmawan dikutip dari siaran pers, Selasa (22/8/2023). 

Baca Juga

Darmawan menjelaskan Tanesco sudah lebih dulu mengunjungi Indonesia bersama Menteri Energi Tanzania, January Makamba dan Manajemen Tanesco ke kantor PLN pada 10 Februari 2023 silam. Pada serangkaian kunjungan Presiden Joko Widodo ke Afrika pada 22-24 Agustus 2023 ini, Darmawan menyampaikan, PLN dan Tanesco akan melakukan kesepakatan kerja sama dalam bidang transformasi digital, pengembangan bisnis, dan juga peningkatan kapasitas sumber daya manusia.

"Dalam lawatan ini juga sekaligus menjadi bentuk ekspansi bisnis PLN ke Afrika khususnya Tanzania, di mana potensi pasar di Afrika yang cukup besar," kata Darmawan.

BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement