Ahad 20 Aug 2023 16:53 WIB

Generasi Sandwich Beli Kendaraan, Simak Nih Tips Astra Life

Yang pertama adalah siapkan keuangan untuk beli kendaraan sesuai kemampuan.

Rep: Muhammad Nursyamsi/ Red: Fuji Pratiwi
Pengunjung memadati pameran otomotif GIIAS 2023 di ICE, BSD, Tangerang, Kamis (10/8/2023) (ilustrasi)
Foto: Republika/Edwin Dwi Putranto
Pengunjung memadati pameran otomotif GIIAS 2023 di ICE, BSD, Tangerang, Kamis (10/8/2023) (ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Gaikindo Indonesia International AutoShow (GIIAS) 2023 yang dihelat di Indonesia Convention Exhibition (ICE) BSD City pada 10 Agustus sampai dengan 20 Agustus 2023 bisa menjadi momentum bagi generasi sandwich dalam membeli kendaraan impian.

Menurut data dari survei Katadata Insight Center dan Astra Life yang dilakukan pada September 2021 terhadap 1.828 responden usia produktif berusia 25-45 tahun yang tersebar di seluruh Indonesia, ada 1,4 persen generasi sandwich yang menganggap membeli kendaraan adalah kebutuhan utama. 

Baca Juga

Marketing, Alternate & Direct Business Group Head Astra Life Windy Riswantyo mengatakan membeli kendaraan impian juga harus diiringi dengan perencanaan keuangan jangka panjang agar kondisi keuangan tetap stabil. Astra Life, lanjut Windy, ingin mengajak generasi sandwich untuk cermat membeli kendaraan. Manfaatkan juga fitur asuransi agar selain kendaraan impian bisa didapatkan, pikiran juga tetap tenang karena sudah mempersiapkan diri dari berbagai risiko yang mungkin terjadi saat berkendara. 

"Hal ini sejalan dengan misi Astra Life yaitu membawa ketenangan pikiran dan membangun masa depan yang sejahtera ke jutaan masyarakat Indonesia," ujar Windy dalam keterangan tertulis di Jakarta, Sabtu (19/8/2023).

Windy memberikan sejumlah kiat dari Astra Life sebelum membeli kendaraan impian. Pertama, sesuaikan dengan kemampuan keuangan. Windy menilai generasi sandwich perlu memperhitungkan besaran uang muka dan alokasi biaya cicilan saat memutuskan untuk kredit kendaraan pribadi. 

Windy mengatakan generasi sandwich bisa memanfaatkan ajang GIIAS 2023 yang memberikan penawaran promo kredit mobil dengan bunga 0,66 persen untuk tenor 1 tahun dengan pengajuan pembiayaan dari Astra Credit Company dan Toyota Astra Financial Services (TAF). Promo ini dihadirkan dalam rangka memperingati 66 tahun Astra hadir di tengah masyarakat Indonesia. 

"Selain tenor satu tahun, Astra Financial juga menawarkan promo tenor untuk dua tahun sebesar 2,66 persen, tenor tiga tahun sebesar 2,66 persen, tenor empat tahun sebesar 3,66 persen, dan juga tenor lima tahun sebesar 4,66 persen. Semua tenor akan mendapatkan promo gratis biaya admin," ucap Windy. 

Kiat kedua, sambung Windy, pentingnya memiliki asuransi kredit dan kendaraan bermotor sebagai salah satu pencegahan tingginya  pengeluaran jika terjadi hal-hal yang tidak diinginkan. Windy mengatakan asuransi kredit dapat memberikan perlindungan sehingga menjamin tertanggung atau selaku penerima kredit atau debitur meninggal dunia karena kecelakaan, meninggal dunia karena sakit, cacat tetap karena kecelakaan. 

Windy menyampaikan kondisi tersebut memaksa untuk tidak bisa melanjutkan kewajibannya kepada bank atau kreditur, maka asuransi berkewajiban untuk melunasi pinjaman atau kewajiban dari tertanggung. Dengan memiliki asuransi kredit dan kendaraan bermotor, rasa tenang akan didapatkan agar pada saat tutup usia tidak membebani keluarga yang ditinggalkan. 

"Kendaraan yang dimiliki juga bisa lebih terawat dari kerusakan ringan dan akan membuat harga kendaraan tetap terjaga apabila ingin dijual kembali," kata Windy. 

Dalam perhelatan GIIAS 2023, ucap Windy, Astra Life sebagai melengkapi layanan pembiayaan kredit ACC dan TAF dengan produk asuransi jiwa kredit serta memberikan penawaran menarik seperti cashback hingga 66 persen dari premi pertama untuk setiap pembelian asuransi Flexi di ilovelife.co.id. Cashback akan diberikan dalam bentuk saldo AstraPay maksimal Rp 500 ribu.

"Untuk pembelian asuransi individu secara langsung melalui tenaga pemasar Astra Life di area GIIAS, tersedia cashback khusus untuk produk ASLI Proteksi Andalan (unit link) dan ASLI Asya Proteksi Syariah (unit link syariah). Tersedia juga gratis mini medical check-up bagi nasabah ACC dan TAF yang melakukan SPK untuk 100 orang pertama setiap harinya," kata Windy. 

Windy menambahkan, Astra Life di bawah payung Astra Financial menjadi sponsor platinum GIIAS untuk kelima kalinya sejak tahun 2018. GIIAS tahun ini berlangsung pada 10-20 Agustus 2023 di ICE BSD Tangerang.

Hingga penyelenggaraan hari keempat GIIAS 2023, ucap Windy, Astra Life telah membukukan pertumbuhan positif dengan nilai asuransi jiwa kredit sebesar Rp 6,1 miliar atau meningkat 95 persen dibanding GIIAS tahun lalu yang hanya mencapai Rp 3,2 miliar.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement