Ahad 20 Aug 2023 08:35 WIB

Begini Penampakan Mobil Listrik Lamborghini yang Terinspirasi dari Pesawat Ruang Angkasa

Desain aerodinamis Lamborghini harus semakin memacu jarak tempuh.

Rep: Santi Sopia/ Red: Natalia Endah Hapsari
Lamborghini listrik Lanzador menawarkan semua jenis klakson dan suara berteknologi tinggi, dengan desain yang benar-benar terinspirasi oleh pesawat luar angkasa.
Foto: Lamborghini
Lamborghini listrik Lanzador menawarkan semua jenis klakson dan suara berteknologi tinggi, dengan desain yang benar-benar terinspirasi oleh pesawat luar angkasa.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA---Lamborghini, yang dikenal sering mengalami krisis paruh baya, mengungkapkan kendaraan konsep kendaraan listrik (EV) baru di Monterey Car Week, setelah mengeluarkan teaser beberapa hari lalu. Lamborghini listrik Lanzador menawarkan semua jenis klakson dan suara berteknologi tinggi, dengan desain yang benar-benar terinspirasi oleh pesawat luar angkasa. 

Kendaraan grand tourer (GT) ini memiliki banyak fitur infotainment, dengan jembatan konsol tengah berbentuk Y yang besar dan dasbor yang ramping untuk melakukan penyesuaian.

Baca Juga

Pengemudi juga memiliki akses cepat ke kontrol iklim dan berbagai fungsi digital melalui "unit pilot" terintegrasi. Unit ini juga memungkinkan akses ke berbagai mode mengemudi melalui sistem kontrol ANIMA perusahaan. Bahkan ada tampilan yang dapat ditarik untuk mengalirkan informasi ke penumpang terkait kecepatan, jarak, iklim, hiburan, dan lainnya.

Untuk desainnya, pengemudi dan penumpang duduk rendah seperti di dalam pesawat jet, dan dipisahkan konsol tengah tersebut. Perusahaan mengatakan interiornya "luar biasa lapang", meskipun ketinggian atap sekitar 1,5 meter, semakin meningkatkan proporsi mobil yang rendah ke tanah. Ruang belakang dapat digunakan untuk menyimpan barang bawaan dan keperluan lainnya, dan terdapat bagasi tersembunyi di bawah kap depan untuk opsi penyimpanan lebih banyak.

Desainnya memang keren, tapi bagaimana dengan semua barang penambah kecepatan internal itu? 

Lanzador menyertakan teknologi listrik bertenaga tinggi di setiap sudut roda, dengan daya puncak lebih dari satu megawatt. Ada all-wheel drive dengan e-torsi di gandar belakang untuk menikung lebih baik. 

“Lamborghini mengatakan itu semua ditenagai oleh "baterai berkinerja tinggi generasi baru" dan memastikan jarak tempuh yang jauh, tetapi tidak mengumumkan jarak tempuh sebenarnya per pengisian daya,” demikian dikutip dari Engadget, Ahad (20/8/2023).

Perusahaan juga mengatakan desain aerodinamis mobil harus semakin memacu jarak tempuh di dunia nyata. 

Meskipun benar-benar sebuah mobil konsep, Lamborghini mengatakan Lanzador bukan hanya "karya para desainer dan insinyur" yang memberikan "pratinjau konkret" kendaraan produksi yang akan mulai diluncurkan pada tahun 2028. Untuk itu, ada penekanan di sini pada eco- bahan desain yang ramah, seperti wol Merino, kulit kecokelatan yang berkelanjutan, dan karbon daur ulang. Ini juga menambah bukti lebih lanjut bahwa perusahaan serius untuk menggunakan listrik sepenuhnya pada 2030.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement