Kamis 17 Aug 2023 13:07 WIB

HUT Ke-78 RI Terasa Spesial, Wapres: Tahun Depan di IKN

Pemerintah terus mengebut pembangunan IKN Nusantara di Kalimantan Timur.

Rep: Fauziah Mursid/ Red: Ahmad Fikri Noor
Wakil Presiden KH Maruf Amin mengenakan pakaian adat dari Sumatera Barat saat menghadiri Upacara Peringatan Detik-detik Proklamasi Kemerdekaan RI di Istana Merdeka, Jakarta, Kamis (17/8/2023).
Foto: Dok BPMI/Setwapres
Wakil Presiden KH Maruf Amin mengenakan pakaian adat dari Sumatera Barat saat menghadiri Upacara Peringatan Detik-detik Proklamasi Kemerdekaan RI di Istana Merdeka, Jakarta, Kamis (17/8/2023).

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Wakil Presiden KH Ma'ruf Amin menyebut peringatan Hari Ulang Tahun Kemerdekaan RI yang ke-78 pada 2023 kali ini lebih spesial. Hal ini karena peringatan HUT RI kali ini perdana setelah diumumkannya status endemi Covid-19 oleh Presiden Joko Widodo pada 21 Juni 2023.

Kiai Ma'ruf menyebut, setelah pandemi kurang lebih tiga tahun, kini peringatan HUT RI bisa diramaikan kembali dengan keragaman bangsa. 

Baca Juga

"HUT kali ini memang HUT yang sangat spesial karena ini untuk pertama kali kita memperingati HUT kemerdekaan RI setelah pandemi. Dengan memakai berbagai macam seragam adat dan ini saya kira menunjukkan keberagaman kita sebagai bangsa," ujar Kiai Ma'ruf saat hadir di upacara peringatan detik-detik Proklamasi Kemerdekaan RI 17 Agustus 2023 di Istana Merdeka pada Kamis (17/8/2023).

Kiai Ma'ruf juga berharap peringatan HUT RI tahun depan bisa dilaksanakan di Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara. Saat ini, pemerintah terus mengebut pembangunan IKN Nusantara di Kalimantan Timur.

"Insya Allah tahun depan kita sudah bisa melaksanakan HUT di ibu kota yang baru, insya Allah" ujarnya.

Kiai Ma'ruf pun berharap Indonesia di usianya yang memasuki 78 tahun terus melaju menjadi negara yang lebih maju. Menurutnya, di usia ke-78 tahun ini sudah saatnya Indonesia membuat sejarah kemajuan bangsa.

"Saatnya juga kita membuat sejarah yang harus kita menjadi kebanggaan masyarakat Indonesia ke depan dan kita mulai hari ini dan di tempat ini saya kira," ujarnya.

Pada peringatan HUT RI ke-78 ini, Wakil Presiden KH Ma'ruf Amin mengenakan pakaian adat dari Provinsi Sumatera Barat saat menghadiri Upacara Peringatan Detik-detik Proklamasi Kemerdekaan RI di Istana Merdeka, Jakarta, Kamis (17/8/2023). Kiai Ma'ruf tampak mengenakan pakaian adat Padang, Sumatra Barat, bernuansa ungu dengan campuran aksen warna emas. 

Pada momen peringatan hari kemerdekaan ini, Wapres menyampaikan pesan kepada segenap bangsa Indonesia untuk  senantiasa menebarkan pesan-pesan perdamaian guna memperkokoh persatuan dan kesatuan. Kiai Ma'ruf juga mengajak untuk terus mengobarkan semangat bakti dan kecintaan kepada tanah air, khususnya untuk mengisi kemerdekaan dan mewujudkan cita-cita menjadi Indonesia Maju.

“Mari kita perkokoh persatuan dan kesatuan, kita tebarkan pesan-pesan perdamaian, dan kita semaikan pengetahuan. Jangan lelah dan menyerah dalam memberikan karya dan darmabakti kepada masyarakat, bangsa, dan negara, demi menjemput masa depan Indonesia yang gemilang,” ujarnya.

Dapat mengunjungi Baitullah merupakan sebuah kebahagiaan bagi setiap Umat Muslim. Dalam satu tahun terakhir, berapa kali Sobat Republika melaksanakan Umroh?

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement