Senin 14 Aug 2023 12:37 WIB

Waskita Dipastikan Jadi Anak Usaha Hutama Karya Tahun Depan

Peralihan status merupakan solusi jitu dalam menyelamatkan Waskita Karya.

Rep: Muhammad Nursyamsi/ Red: Friska Yolandha
Kantor pusat PT Waskita Karya Tbk di Cawang, Jakarta Timur. PT Waskita Karya akan beralih status menjadi anak usaha dari PT Hutama Karya.
Foto: Dok Setkab
Kantor pusat PT Waskita Karya Tbk di Cawang, Jakarta Timur. PT Waskita Karya akan beralih status menjadi anak usaha dari PT Hutama Karya.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Wakil Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) I Kartika Wirjoatmodjo memastikan PT Waskita Karya akan beralih status menjadi anak usaha dari PT Hutama Karya. Pria yang akrab disapa Tiko itu menyebut peralihan status merupakan solusi jitu dalam menyelamatkan Waskita Karya.

"Waskita setelah kita melakukan kajian, memang kondisi likuiditasnya berat," ujar Tiko seusai menghadiri pembukaan Forum Sinergi BUMN-Swasta bertajuk "Kolaborasi untuk Pembangunan Inklusif" di Ritz Carlton, Pacific Place, Jakarta, Senin (14/8/2023).

Baca Juga

Saat ini, pihaknya sedang negosiasi dengan bank dan pemegang obligasi. Tiko mengatakan, pemerintah pun menyiapkan penyertaan modal negara (PMN) untuk penyelesaian proyek strategis nasional (PSN) yang sebelumnya ditugaskan kepada Waskita, seperti jalan tol Bogor-Ciawi-Sukabumi atau Bocimi seksi III dan tol Kayu Agung-Palembang-Betung atau Kapal Betung tahap II, maupun Bekasi-Cawang-Kampung Melayu atau Becakayu. Nantinya ruas tol-tol tersebut akan didivestasikan setelah selesai dibangun.

"Kita ingin para pemegang obligasi dan para vendor mencari solusi terbaik sehingga Waskita bisa joint venture, kemudian akan dijadikan anak usaha Hutama Karya," ujar Tiko.

Tiko menjelaskan, proses bergabungnya Waskita ke Hutama Karya menunggu penyelesaian restrukturisasi yang sedang berjalan. Tiko menilai keputusan ini menjadi langkah terbaik dalam memastikan keberlanjutan PSN seperti Jalan Tol Trans Sumatra (JTTS) maupun ibu kota Nusantara (IKN).

"Waskita kan kurang kuat secara keuangan, maka kita akan bantu dengan kekuatan di Hutama Karya, ini hal positif. Setelah restrukturisasi, Hutama Karya jadi induk untuk bisa memberikan keberlanjutan proyek Waskita ke depan," kata Tiko.

Tiko mengatakan, proses masuknya Waskita sebagai anak usaha Hutama Karya seperti saat Pegadaian ke BRI. Nantinya, saham-saham pemerintah di Waskita akan diserahkan ke Hutama Karya selaku induk dari Waskita.

"Tergantung proses restrukturisasi, kalau sudah selesai baru inbreng ke sana. (Targetnya) awal tahun depan. Nanti kita masuk lewat Hutama Karya, selesaikan proyeknya (Waskita), nanti ada dana yang naik me atas untuk membayar vendor juga," kata Tiko.

Sebelumnya, Direktur Utama Hutama Karya Budi Harto mengatakan proses konsolidasi dengan Waskita masih terus berjalan dan menunggu selesainya proses restrukturisasi Waskita.

"Kami menerima penugasan dari pemerintah. Waskita kan baru restrukturisasi keuangan. Pak Wamen menyampaikan penggabungan itu nanti setelah Waskita sehat dan kami siap menerima penugasan itu," ujar Budi di Jakarta, Kamis (10/8/2023).

Sejauh ini belum ada keputusan....

 

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement