Sabtu 12 Aug 2023 22:59 WIB

Terapkan Arahan Erick Thohir, APLog Torehkan Ini di Ajang TJSL & CSR Award 2023

Fungsi BUMN tidak hanya semata-mata sebagai agent of value creator.

Acara Malam Penganugerahan TJSL dan CSR Award 2023 Tahun ketiga.
Foto: Dok. Bumn
Acara Malam Penganugerahan TJSL dan CSR Award 2023 Tahun ketiga.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Menteri BUMN Erick Thohir menekankan program Tanggung Jawab Sosial dan Lingkungan (TJSL) atau Corporate Social Responsibility (CSR) BUMN difokuskan pada sektor pendidikan, UMKM, dan lingkungan hidup.

TJSL dalam sektor pendidikan meliputi pemerataan pendidikan berkualitas agar anak-anak Indonesia mendapat kemudahan dan akses ilmu pengetahuan serta teknologi. 

Lahirnya Peraturan Menteri BUMN PER-05/MBU/04/2021 tentang Program Tanggung Jawab Sosial dan Lingkungan (TJSL) BUMN merupakan salah satu bukti keseriusan pemerintah, khususnya Kementerian BUMN, dalam menggapai prinsip keadilan yang merata dan berkelanjutan. 

Sesuai Permen tersebut, program TJSL BUMN merupakan komitmen perusahaan terhadap pembangunan yang berkelanjutan dengan memberikan manfaat pada ekonomi, sosial, lingkungan serta hukum dan tata kelola. Sebagai bagian dari pendekatan bisnis perusahaan, program TJSL dijalankan dengan prinsip yang Terintegrasi, Terarah, Terukur dan Akuntabel.

 

"Pelaksanaan TJSL juga harus mempertimbangkan tujuan pembangunan berkelanjutan dalam pemberdayaan masyarakat," kata Erick seperti dilansir dari Antara, Sabtu (12/8/2023). 

Acara Malam Penganugerahan TJSL dan CSR Award 2023 Tahun ketiga pun digelar untuk menilai BUMN mana yang menerapkan arahan Erick. TJSL & CSR Award 2023 yang digagas oleh BUMN Track dan didukung Indonesia Shared Value Institute (ISVI) merupakan wujud apresiasi terhadap para pelaku TJSL & CSR BUMN. 

Kegiatan ini memberikan apresiasi tertinggi bagi BUMN dan Anak Perusahaan BUMN yang telah menjalankan praktik TJSL dan CSR terbaik yang sejalan dengan empat pilar SDG’s berupa Pilar Sosial, Ekonomi, Lingkungan, Hukum dan Tata Kelola, serta memberikan nilai tambah Creating Shared Value bagi perusahaan. 

Ajang TJSL & CSR Award 2023 diikuti oleh 88 perusahaan peserta yang terdiri dari Perusahaan BUMN, Anak Perusahaan BUMN serta BUMN dan Anak Perusahahaan BUMN Tbk.

Ketua Majelis Permusyawaratan Rakyat Republik Indonesia (MPR RI), Bambang Soesatyo, yang juga merupakan Ketua Komite Penilai Kehormatan TJSL&CSR Award 2023 menyampaikan apresiasi dan berharap agar TJSL&CSR Award 2023 menjadi momentum penting untuk menggugah kembali solidaritasdan kepedulian para pelaku usaha terhadap kondisi lingkungan sosial. 

“Penting untuk kita sadari bahwa fungsi BUMN tidak hanya semata-mata sebagai agent of value creator yang memberikan kontribusi keuntungan, melainkan juga sebagai agent of development yang dituntut memberikan kontribusi dalam pembangunan nasional. Dalam menjalankan fungsinya sebagai generator aktivitas perekonomian, BUMN tidak boleh melupakan kontribusinya untuk mewujudkan kesejahteraan masyarakat,” ujar Bambang Soesatyo.

Angkasa Pura Logistik (APLog) meraih penghargaan Gold (Winner) pada kategori Pilar Sosial dan Pilar Ekonomi pada ajang TJSL & CSR Award 2023 tahun ke-3 yang mengangkat tema “Program TJSL dan CSR BUMN melalui 4 Pilar Pembangunan yang menciptakan nilai tambah bagi perusahaan dan UMK yang berkelanjutan" itu. 

APLog mendapatkan penghargaan Gold (Winner) dalam 2 Pilar, yakni Pilar Sosial dan Pilar Ekonomi karena APLog secara konsisten dalam 1 (satu) tahun terakhir melakukan pembinaan & memberdayakan UMKM melalui berbagai macam program pelatihan. APLog juga mengutamakan hasil kinerja, prestasi, dedikasi, dan kredibilitas dalam pembangunan Indonesia khususnya di bidang Logistik. 

Hal ini merupakan pencapaian yang membanggakan untuk sebuah perusahaan karena dalam situasi pandemi tidak menjadi halangan bagi APLog untuk terus bertumbuh dan bertransformasi lebih baik. 

“Kami sadar pencapaian ini baru awal, karena apapun langkah korporasi harus selaras dengan bisnis dan kegiatan inti APLog. Sehingga program CSR kami, apapun harus mendapat tempat yang cukup bagi perkembangan usaha di APLog secara berkelanjutan”ujar Irzan Supriyadi, selaku Vice President Communication yang mewakili Direktur Utama APLog untuk menerima penghargaan tersebut.

sumber : Antara
Yuk gabung diskusi sepak bola di sini ...
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement