Jumat 11 Aug 2023 23:54 WIB

Xurya Dipercaya Jacobis Pasang PLTS Atap

Jacobis disebut dapat rasakan efisiensi biaya langsung sejak hari pertama PLTS aktif.

Foto udara panel surya di atap pabrik (ilustrasi).
Foto: ANTARA / Fakhri Hermansyah
Foto udara panel surya di atap pabrik (ilustrasi).

REPUBLIKA.CO.ID, SURABAYA -- Perusahaan bidang consumer goods, PT Jadi Abadi Corak Biscuit (Jacobis), menggandeng PT Xurya Daya Indonesia (Xurya) dalam program ramah lingkungan dengan memasang Pembangkit Listrik Tenaga Surya (PLTS) Atap di pabriknya.

Managing Director Xurya Eka Himawan mengatakan, kolaborasi dengan Jacobis ini akan memiliki dampak positif yang signifikan, baik terhadap lingkungan dan masyarakat, maupun menjadi inspirasi bagi perusahaan lain. Terlebih, melalui skema DP nol yang diprakarsai Xurya, Jacobis tidak hanya menjadi perusahaan yang ramah lingkungan, tapi juga menikmati efisiensi biaya langsung sejak hari pertama PLTS atap ini menyala.

Baca Juga

Menurutnya, PLTS Atap Xurya yang telah beroperasi di pabrik Jacobis dapat menghasilkan energi sebanyak 1,1 juta kWh setiap tahunnya atau setara dengan penekanan gas emisi karbon sebesar 980 ribu kilogram per tahun. Ke depannya, Xurya juga memastikan PLTS Atap yang beroperasi di pabrik Jacobis dapat menghasilkan performa yang maksimal dan kualitas yang baik.

Selama masa operasional PLTS Atap berlangsung, yaitu 20-25 tahun, Jacobis akan mendapatkan fasilitas operations & maintenance (O&M) secara rutin dari Xurya untuk memastikan performa dan kualitas PLTS Atap terjaga.

Melalui penggunaan PLTS Atap ini, Jacobis juga turut berkontribusi terhadap pengurangan emisi karbon setara penanaman lebih dari 13 ribu pohon per tahun atau setara dengan upaya menekan gas emisi karbon yang berasal dari 750 rumah. Hingga saat ini, Xurya telah memiliki lebih dari 130 proyek PLTS Atap yang tersebar di Medan, Palembang, Lampung, Jawa Barat, Banten, DKI Jakarta, Jawa Tengah, Jawa Timur, Bali, dan Makassar.

Proyek PLTS Atap Xurya diperkirakan mampu memproduksi lebih dari 130 juta kWh energi bersih dan membuat lebih dari 3.100 ketersediaan lapangan pekerjaan hijau.

 

sumber : ANTARA
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement