Jumat 11 Aug 2023 23:52 WIB

Komitmen Ramah Lingkungan, Jacobis Pasang PLTS Atap di Pabrik

Dengan PLTS Atap, Jacobis mampu menghasilkan energi 1,1 juta kWh per tahun.

Pekerja memeriksa panel-panel surya dari Pembangkit Listrik Tenaga Surya (PLTS) di atap pabrik (ilustrasi).
Foto: ANTARA/Nyoman Hendra Wibowo
Pekerja memeriksa panel-panel surya dari Pembangkit Listrik Tenaga Surya (PLTS) di atap pabrik (ilustrasi).

REPUBLIKA.CO.ID, SURABAYA -- Perusahaan bidang consumer goods, PT Jadi Abadi Corak Biscuit (Jacobis), menggandeng PT Xurya Daya Indonesia (Xurya) dalam program ramah lingkungan dengan memasang Pembangkit Listrik Tenaga Surya (PLTS) Atap di pabriknya.

"Kami percaya bahwa langkah ini akan menjadi inspirasi bagi perusahaan lain dan masyarakat umum untuk mengadopsi teknologi bersih dalam kehidupan sehari-hari," kata Managing Director Jacobis Kataline Darmono saat peresmian PLTS Atap, di Pabrik Jacobis, Rungkut, Surabaya, Jawa Timur, kemarin.

Baca Juga

PLTS Atap adalah pembangkit listrik yang memanfaatkan energi dari cahaya matahari untuk menghasilkan energi listrik. Mengacu pada data Kementerian ESDM, Indonesia memiliki potensi energi dari PLTS atap atau solar atap sebesar 32,5 gigawatt. Pemanfaatan energi dari PLTS Atap ini ditargetkan dapat mencapai 900 megawatt pada akhir 2023 ini.

Hingga bulan Juni 2023 kemarin, pemanfaatan energi dari PLTS Atap di Indonesia telah mencapai 800 megawatt, dan dibutuhkan 100 megawatt lagi untuk mencapai target di akhir tahun nanti.

Menurut Kataline, guna mewujudkan upaya dan komitmen sebagai perusahaan yang ramah lingkungan, Jacobis menunjuk Xurya, sebuah startup energi terbarukan yang mempelopori metode Rp 0 dalam pembiayaan PLTS Atap, untuk membangun pemasangan instalasi PLTS Atap di pabrik Jacobis yang berlokasi di Jawa Timur. Dengan adanya pemasangan ini, kata dia, maka Jacobis mampu menghasilkan energi setiap tahunnya sebesar 1,1 juta kWh.

Acara peresmian ini, ujar dia pula, merupakan sebuah langkah penting bagi Jacobis untuk berkomitmen dan berkontribusi bagi masyarakat dan masa depan sebagai perusahaan yang ramah lingkungan serta mendorong pemanfaatan energi baru terbarukan (EBT) di Indonesia. Kataline menyampaikan, Jacobis memiliki visi untuk menjadi perusahaan yang tidak hanya dapat memberikan produk berkualitas, tetapi juga memiliki komitmen yang kuat terhadap tanggung jawab sosial dan lingkungan.

Instalasi PLTS Atap ini, kata dia lagi, menjadi langkah awal yang penting dalam perjalanan Jacobis menuju program keberlanjutan yang lebih besar dan inovatif. "Kami mempercayai Xurya untuk melakukan instalasi PLTS Atap ini, mengingat Xurya memiliki portofolio yang beragam, tim yang berpengalaman, pelayanan yang sangat baik, juga alternatif penawaran yang menarik," ujarnya pula.

 

sumber : ANTARA
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement