Jumat 11 Aug 2023 17:06 WIB

Honda Umumkan Harga CR-V Hybrid Rp 799,9 Juta di GIIAS 2023, Harganya Terlalu Mahal?

All New Honda CR-V hadir dengan dua varian.

Honda Prospect Motor resmi meluncurkan All New Honda CR-V Hybrid di ajang Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2023 di ICE BSD, Tangerang, Kamis (10/8/2023).
Foto: Republika/Firkah Fansuri
Honda Prospect Motor resmi meluncurkan All New Honda CR-V Hybrid di ajang Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2023 di ICE BSD, Tangerang, Kamis (10/8/2023).

REPUBLIKA.CO.ID,JAKARTA– PT Honda Prospect Motor (HPM) meluncurkan generasi terbaru dari All New Honda CR-V yang untuk pertama kalinya di Indonesia memiliki versi mesin hybrid. Peluncuran All New CR-V Hybrid di ajang Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2023, Kamis (10/8/2023) di ICE BSD Tangerang, menandai dimulainya era elektrifikasi Honda di Indonesia atau yang disebut dengan Honda e:technology. 

Jumat (11/8/2023) di arena GIIAS, Honda mengumumkan harga produk terbarunya tersebut. All New Honda CR-V dijual dengan harga Rp 799.900.000. “Konsumen akan menerima mobil HR-V Hybrid di bulan Oktober 2023,” kata Yusak Billy,  Business Innovation and Sales & Marketing Director PT HPM.

Baca Juga

Billy mengatakan harga yang ditetapkan Honda untuk All New CR-V Hybrid setelah melalui pertimbangan yang matang. Harga tersebut sesuai dengan kualitas CR-V generasi terbaru. ''Menurut saya harga tersebut tidak mahal karena kami menetapkannya dengan berbagai pertimbangan," ucapnya menjawab pertanyaan wartawan yang mengatakan harga CR-V Hybrid Rp 799.900.000 kemahalan.

Harga yang dipatok Honda All New Honda CR-V Hybrid itu bahkan lebih mahal dari mobil listrik Hyundai Ioniq 5. Situs diler resmi Hyundai, Sun Motor memasarkan Hyundai Ioniq 5 mulai harga Rp 748 juta. Walaupun memang kelas CR-V adalah SUV, sedangkan Ioniq 5 adalah hatchback.

 

Model SUV legendaris Honda selain menawarkan varian All New Honda CR-V 2.0L RS e:HEV juga mesin 1.5 liter turbo. All New Honda CR-V varian mesin 1.5 liter Turbo dipasarkan Rp 739.900.000.

Sementara itu, President Director PT Honda Prospect Motor Kotaro Shimizu tak berbicara soal harga All New CR-V Hybrid.  Ia mengatakan pada ajang GIIAS 2023, Honda menawarkan konsep yang benar-benar baru yang dapat dirasakan melalui desain booth futuristik dengan berbagai wahana interaktif sekaligus display mobil-mobil elektrifikasi yang menggambarkan visi Honda di masa depan.

“Tentunya, kami juga berusaha menyajikan kenyamanan untuk konsumen melalui berbagai unit test drive dan program penjualan yang menarik,” ucap Shimizu.

Shimizu mengatakan teknologi e:HEV yang diusung All New Honda CR-V dibekali motor listrik dengan tenaga terbesar di kelasnya, sistem pengaturan tenaga yang pintar, serta teknologi regenerasi daya untuk pengisian baterai, memungkinkan penggunaan daya baterai yang dominan dalam berbagai kondisi berkendara. Hasilnya adalah performa yang bertenaga, penggunaan bahan bakar yang sangat minimum, sekaligus emisi yang sangat ramah lingkungan.

Tak hanya itu, All New Honda CR-V juga tampil dengan desain baru yang semakin premium sebagai model SUV kelas atas serta fitur-fitur berteknologi tinggi terutama dalam konektivitas dan keselamatan berkendara.

Untuk pertama kalinya, Honda memperkenalkan teknologi Honda CONNECT di Indonesia melalui generasi terbaru All New Honda CR-V ini. Honda CONNECT adalah sebuah aplikasi untuk mengakses berbagai fitur dan informasi di mobil melalui smartphone penggunanya. 

Sementara itu, fitur keselamatan canggih Honda SENSING hadir dengan fitur lebih lengkap pada All New Honda CR-V dengan tambahan teknologi Adaptive Driving Beam. All New Honda CR-V juga menawarkan varian mesin 1.5 liter Turbo dengan desain dan fitur yang sama premium serta konfigurasi tempat duduk tiga baris untuk kapasitas 7 penumpang yang lapang dan nyaman.

Pada ajang GIIAS kali ini, Honda menampilkan 5 unit mobil berbasis elektrik yang menggambarkan komitmen Honda untuk menawarkan solusi kendaraan ramah lingkungan untuk berbagai kebutuhan masyarakat global, termasuk di Indonesia. Selain All New Honda CR-V yang mengusung teknologi e:HEV, di booth Honda juga hadir model hybrid lainnya yaitu All New Honda Accord e:HEV. Sedan premium yang pertama kali diperkenalkan di dunia pada awal tahun 2023 ini dihadirkan sebagai showcase model hybrid global yang dimiliki Honda saat ini, sekaligus update dari model Accord e:HEV yang ditampilkan Honda di booth GIIAS tahun lalu.

Model hybrid lain yang ditampilkan di booth Honda adalah Honda CR-Z, model hybrid yang pernah dipasarkan Honda di Indonesia pada tahun 2013 sampai dengan tahun 2016. Honda CR-Z mengusung mesin i-VTEC 1,5 liter dipadu dengan teknologi baterai Integrated Motor Assist (IMA), yang menjadi pendahulu teknologi e:HEV. Memadukan karakter sporty dengan mesin yang ramah lingkungan dan hemat bahan bakar, Honda CR-Z menjadi penunjuk arah pengembangan model-model hybrid Honda selanjutnya.

Untuk pertama kalinya di Indonesia, Honda juga menampilkan sebuah mobil SUV listrik masa depan ramah lingkungan yaitu Honda SUV e: Prototype. Mobil konsep ini pertama kali diperkenalkan di dunia pada pameran Auto Shanghai pada 2021 lalu, dan telah hadir di berbagai pameran besar di seluruh dunia sebagai bagian dari visi Honda untuk mobil listrik di masa depan. 

Mengusung desain yang futuristik dan berbagai teknologi canggih, Honda SUV e: Prototype juga menunjukkan arah pengembangan mobil listrik Honda yang sejalan dengan trend pertumbuhan segmen compact SUV yang terjadi di berbagai negara, termasuk Indonesia.

BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement