Selasa 08 Aug 2023 08:17 WIB

Bandara AP I Layani Kepulangan 106 Ribu Jamaah Haji

Proses kepulangan berlangsung pada periode 4 Juli hingga 4 Agustus 2023.

Rep: Rahayu Subekti/ Red: Ahmad Fikri Noor
Jamaah haji yang tergabung dalam kelompok terbang (kloter) terakhir tiba di Bandara Internasional Juanda Surabaya di Sidoarjo, Jawa Timur, Jumat (4/8/2023). Sebanyak 360 jamaah haji kloter 88 asal Blitar, Ponorogo, Kediri, Lumajang, Nganjuk, Trenggalek dan Madiun tiba Tanah Air.
Foto: Antara/Umarul Faruq
Jamaah haji yang tergabung dalam kelompok terbang (kloter) terakhir tiba di Bandara Internasional Juanda Surabaya di Sidoarjo, Jawa Timur, Jumat (4/8/2023). Sebanyak 360 jamaah haji kloter 88 asal Blitar, Ponorogo, Kediri, Lumajang, Nganjuk, Trenggalek dan Madiun tiba Tanah Air.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- PT Angkasa Pura (AP) I melalui enam bandara yang dikelola telah berhasil melayani kepulangan sebanyak 106.779 jamaah haji dari Tanah Suci. Seluruh proses kepulangan jamaah haji yang tergabung dalam 282 kelompok terbang (kloter) tersebut berlangsung pada periode 4 Juli hingga 4 Agustus 2023.

"Proses kepulangan jamaah berjalan dengan aman, selamat, tertib, dan lancar," kata Direktur AP I Faik Fahmi dalam pernyataan tertulisnya, Senin (7/8/2023).

Baca Juga

Dia menjelaskan, penerbangan Garuda Indonesia GA6404 yang mendarat di Bandara Juanda Surabaya pada Jumat (4/8/2023) malam pukul 19.45 WIB menjadi penerbangan yang mengangkut kepulangan kloter terakhir jamaah haji di bandara AP I. Penerbangan tersebut mengangkut 327 jemaah haji yang tergabung dalam kloter 88.

"Penerbangan kloter terakhir tersebut sekaligus menandai berakhirnya penyelenggaraan angkutan Haji 2023 di bandara AP I," ucap Faik.

Pada angkutan udara jamaah haji 2023 ini, Faik mengatakan AP I telah mempersiapkan enam bandara yang dikelola sebagai bandara embarkasi dan debarkasi haji. Keenam embarkasi dan debarkasi haji tersebut yaitu Bandara Syamsudin Noor Banjarbaru, Bandara SAMS Sepinggan Balikpapan, Bandara Zainuddin Abdul Madjid Lombok, Bandara Adi Soemarmo Solo, Bandara Juanda Surabaya, dan Bandara Sultan Hasanuddin Makassar.

Faik menyatakan rasa syukurnya atas kesuksesan penyelenggaraan Angkutan Haji 2023. "Syukur Alhamdulillah, seluruh proses embarkasi dan debarkasi para jamaah haji 2023 di enam bandara kami telah selesai, serta berlangsung dengan tertib, aman, dan lancar," jelas Faik.

Berdasarkan data yang ada, Faik menyebut Bandara Juanda Surabaya menjadi bandara AP I yang melayani kepulangan jamaah haji terbanyak yakni mencapai 38.163 jamaah yang tergabung dalam 88 kloter. Bandara Adi Soemarmo Solo melayani jemaah haji kedua terbanyak dengan jumlah 35.083 jemaah yang tergabung dalam 99 kloter.

Lalu selanjutnya disusul dengan Bandara Sultan Hasanuddin Makassar yang melayani kepulangan 16.809 jamaah haji yang tergabung dalam 43 kloter. Sementara itu, Bandara SAMS Sepinggan Balikpapan melayani kepulangan 6.072 jamaah haji yang tergabung dalam 21 kloter.

Begitu juga dengan Bandara Syamsudin Noor Banjarbaru melayani kepulangan 5.684 jamaah haji yang tergabung dalam 18 kloter. Selain itunuuya Bandara Zainuddin Abdul Madjid Lombok melayani kepulangan 4.966 jamaah haji yang tergabung dalam 13 kloter.

"Mewakili Manajemen Angkasa Pura I, saya mengucapkan rasa terima kasih dan apresiasi kepada seluruh instansi pemangku kepentingan, di antaranya adalah PPIH Kementerian Agama, Kementerian Perhubungan, maskapai penerbangan, Kantor Imigrasi, Kantor Bea Cukai, Kantor Kesehatan Pelabuhan, serta ground handling atas peran serta dan dukungannya selama pelaksanaan angkutan haji 2023 di enam bandara kami," ungkap Faik.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement