Rabu 02 Aug 2023 19:30 WIB

Realisasi Investasi di Jabar pada Semester I 2023 Capai Rp 103,6 Triliun

Jawa Barat masih menggiurkan bagi para investor karena infrastruktur yang mendukung.

Pekerja memeriksa kualitas tas di Pabrik PT Eksonindo Multi Product Industry, Jalan Terusan Kopo-Soreang, Katapang, Kabupaten Bandung, Rabu (14/6/2023). Jawa Barat masih menjadi tujuan investasi.
Foto:

Sementara itu, Ketua Umum Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Jawa Barat Cucu Sutara mengatakan tagline Jawa Barat juara investasi rupanya dirasakan para pengusaha belum menyentuh ke masyarakat.

Cucu menilai hasil dari investasi yang digarap pemerintah, tak terasa atau berdampak pada kesejahteraan masyarakat.

“Ini sinergi, kolaborasi, makanya harus bareng-bareng,” kata Cucu.

Oleh karena itu, Cucu meminta pihaknya bisa digandeng dalam pembentukan kebijakan investasi.

“Jumlah pengusaha masih di bawah 2 persen, ini belum mempengaruhi daya saing. Ayo Bu, tinggal kebijakannya dan saya implementasikan,” katanya.

Akademisi dari Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) Universitas Padjadjaran (Unpad) Bayu Kharisma menambahkan berdasarkan data Kementerian Investasi, realisasi investasi di luar Jawa pada triwulan I Tahun 2023 memberikan kontribusi lebih besar dibandingkan Jawa, yaitu 52,6 persen dengan nilai sebesar Rp 172,9 triliun.

Tingginya kontribusi luar Pulau Jawa terhadap total realisasi PMA dan PMDN pada kuartal I itu menunjukkan bahwa pemerintah tetap konsisten dalam menjalankan roda perekonomian Indonesia sentris.

“Secara total Jawa Barat memang juara, namun untuk investasi PMA justru Sulawesi Tengah itu tertinggi,” ujarnya.

Berdasarkan lokasi, lima provinsi dengan realisasi PMA terbesar pada triwulan I Tahun 2023 adalah Sulawesi Tengah sebesar Rp 28,8 triliun. Jawa Barat menduduki posisi kedua dengan serapan investasi sebesar Rp 28,1 triliun, dan disusul DKI Jakarta, Banten dan Riau.

 

 

 

sumber : antara

Dapat mengunjungi Baitullah merupakan sebuah kebahagiaan bagi setiap Umat Muslim. Dalam satu tahun terakhir, berapa kali Sobat Republika melaksanakan Umroh?

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement