Kamis 27 Jul 2023 16:59 WIB

Kadin: Percepatan PSN Dorong Pemerataan Ekonomi RI

Pemerataan pembangunan dalam rangka memenuhi kebutuhan dasar masyarakat.

Wakil Ketua Umum Koordinator Bidang Maritim, Investasi, dan Luar Negeri Kadin Indonesia Shinta Kamdani
Foto: EPA-EFE/ADI WEDA
Wakil Ketua Umum Koordinator Bidang Maritim, Investasi, dan Luar Negeri Kadin Indonesia Shinta Kamdani

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Wakil Ketua Umum Koordinator Bidang Maritim, Investasi, dan Luar Negeri Kadin Indonesia Shinta Kamdani menilai percepatan pembangunan proyek strategis nasional (PSN) penting guna mendorong pemerataan ekonomi di Indonesia.

"Inilah pentingnya percepatan pelaksanaan proyek strategis nasional yang tujuan utamanya untuk pemerataan pembangunan dalam rangka memenuhi kebutuhan dasar, meningkatkan kesejahteraan masyarakat, dan juga pembangunan daerah," kata Shinta dalam Conference on National Strategic Projects Hari Ke-2 di Jakarta, Kamis (27/7/2023).

Baca Juga

Shinta memaparkan ketimpangan ekonomi di berbagai wilayah dapat tecermin dari data Badan Pusat Statistik (BPS) tahun 2022 yang menyebut masing-masing 56,48 persen dan 22,04 persen produk domestik bruto (PDB) Indonesia diproduksi di Jawa dan Sumatra. Sementara, PDB gabungan Maluku dan Papua masih kurang dari 10 persen dari Kalimantan, Sulawesi, Bali dan Nusa Tenggara.

Lebih lanjut, Shinta juga menyoroti pentingnya peningkatan kualitas sumber daya manusia (SDM). Tak hanya pembangunan infrastruktur, menurut dia, aspek SDM juga merupakan aspek yang cukup krusial serta tengah menjadi program yang diprioritaskan oleh Kadin saat ini.

"Kalau kita lihat memang ini menjadi program prioritas kami, juga bagaimana kita bisa mengembangkan talenta-talenta dengan menyediakan pelatihan dan pendidikan. Karena pada akhirnya, proyek PSN ini juga membutuhkan tenaga tenaga yang kapabel," ujar Shinta.

Di tengah kondisi perekonomian global saat ini yang mana dipenuhi peningkatan inflasi negara lain dan tekanan pada sektor perbankan, Shinta menilai masih banyak tantangan yang harus dihadapi Indonesia ke depannya. Ia memproyeksikan adanya penurunan aktivitas ekonomi global di sisa tahun ini dibandingkan 2022 sebelumnya.

Oleh karena itu, kolaborasi antara pemerintah dan pelaku usaha menjadi kunci strategi untuk bertahan di tengah ketidakpastian ekonomi. Melalui peran Kadin sebagai wadah bagi para pelaku usaha untuk berkomunikasi dengan pemerintah, Shinta berharap kerja sama antarkedua belah pihak semakin erat, khususnya dalam proyek penyelesaian PSN tersebut.

"Melalui advokasi yang kuat, Kadin dapat melakukan pemenuhan kebutuhan dan aspirasi melalui juga kegiatan proyek strategis nasional. Jadi, kita selalu mengedepankan yang namanya public-private partnership, karena kami percaya pemerintah juga tidak bisa berdiri sendiri. Dunia usaha juga tidak bisa sendiri, kita harus bersama-sama berkolaborasi," kata Shinta.

 

sumber : ANTARA
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement