Selasa 25 Jul 2023 13:15 WIB

Luhut: Agustus 2023 Kepastian Investasi Tesla di Indonesia

Kepastian investasi Tesla akan diketahui pada Agustus 2023.

Rep: Dedy Darmawan Nasution/ Red: Ahmad Fikri Noor
Logo Tesla.
Foto: EPA-EFE/FAZRY ISMAIL
Logo Tesla.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA — Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan menuturkan, kepastian investasi pabrikan mobil listrik asal AS, Tesla akan diketahui pada Agustus 2023 mendatang. Pihaknya akan bertolak ke California, AS untuk bertemu langsung dengan Elon Musk. 

“Kami akan memiliki insentif final yang akan kami berikan setiap investasi di Indonesia. Jadi, tentang (kejelasan investasi) Tesla akan terjadi pada 3 Agustus 2023,” kata Luhut dalam Nickel Conference 2023 di Jakarta, Selasa (25/7/2023). 

Baca Juga

Ia kembali menegaskan, Indonesia memiliki keunggulan atas nikel yang menjadi bahan baku baterai kendaraan listrik. Luhut pun mengungkapkan, seluruh harga komoditas dunia sedang menurun kecuali bijih nikel. 

Tren harga nikel yang masih mengalami kenaikan, salah satunya dipicu dari langkah Indonesia yang dapat menghasilkan kobalt dari bijih nikel di Indonesia. Upaya hilirisasi yang terus digencarkan pemerintah pun secara langsung memberikan dampak bagi penciptaan lapangan pekerjanan di dalam negeri. 

 

“Jadi kami memiliki komoditas khusus yang dibutuhkan oleh global, jadi kami diberkati untuk ini,” ujar dia. 

Sebelum bertolak ke California pada Agustus mendatang, Luhut mengungkapkan pihaknya bersama Presiden Joko Widodo terlebih dahulu akan berangkat ke Chengdu, China. Salah satu agenda dalam lawatan tersebut untuk menajajaki rencana investasi produsen mobil listrik, China yakni BYD di Indonesia.

BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement