Selasa 25 Jul 2023 11:59 WIB

Jokowi Bakal ke China Pekan Ini Jajaki Investasi Mobil Listrik BYD

Luhut akan menemui Elon Musk pada 3 Agustus 2023 terkait investasi serupa.

Rep: Dedy Darmawan Nasution/ Red: Lida Puspaningtyas
Penjaga keamanan berdiri di stan BYD di pameran Auto Shanghai, di Shanghai, China 19 April 2023.
Foto: Reuters
Penjaga keamanan berdiri di stan BYD di pameran Auto Shanghai, di Shanghai, China 19 April 2023.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Presiden Joko Widodo dikabarkan bakal segera bertolak ke Chengdu, China pada Kamis (27/7/2023) pekan ini. Adapun lawatan tersebut salah satu untuk menjajaki rencana investasi produsen mobil listrik China, BYD ke Indonesia.

“BYD ingin berinvestasi di Indonesia, dan tanggal 27 kita akan melihat Chengdu selama perjalanan Presiden Jokowi ke China,” kata Menteri Koordinator Kemaritiman dan Investasi, Luhut Binsar Pandjaitan dalam Nickel Conference 2023 di Jakarta, Selasa (25/7/2023).

Baca Juga

Luhut menegaskan, pemerintah telah menyiapkan berbagai insentif yang akan diberikan kepada setiap investasi perusahaan kendaraan listrik di Indonesia. Adapun, insentif itu diberikan demi dapat menarik para produsen mobil maupun motor listrik untuk mau membangun pabriknua di Tanah Air.

Ia mengatakan, pihaknya akan bertolak ke California pada 3 Agustus 2023 untuk bertemu langsung dengan CEO Tesla, Elon Musk. Pertemuan tersebut juga untuk membahas kepastian investasi Tesla di Indonesia.

“Jadi, tentang Tesla akan terjadi pada 3 Agustus,” ujar dia. 

Sebelumnya, BYD juga telah mengajukan proposal investasi sebesar 1 miliar dolar AS untuk membangun pabrik mobil listrik dan baterai di India dengan kemitraan bersama perusahaan lokal.

Hal itu seperti dilaporkan Reuters pada Sabtu (15/7/2023). BYD dan Megha Engineering and Infrastructures yang berbasis di Hyderabad telah mengajukan proposal kepada regulator India untuk membentuk usaha patungan pabrik kendaraan listrik, berdasarkan sumber Reuters.

Adapun, rencana jangka panjang dari usaha patungan itu adalah membangun jajaran lengkap mobil listrik merek BYD di India dari seri hatchback hingga modal mewah.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement