Selasa 25 Jul 2023 03:21 WIB

Tingkatkan Inklusi Keuangan Hingga Kepulauan Seribu

Pulau Pramuka disiapkan sebagai tempat penyelenggaraan ajang internasional. 

Bank DKI berkolaborasi dengan Otoritas Jasa Keuangan (OJK), Bank Indonesia, serta Pemerintah Provinsi DKI Jakarta menghadirkan Festival Rakyat Digital Island Bank DKI di Pulau Pramuka.
Foto: .
Bank DKI berkolaborasi dengan Otoritas Jasa Keuangan (OJK), Bank Indonesia, serta Pemerintah Provinsi DKI Jakarta menghadirkan Festival Rakyat Digital Island Bank DKI di Pulau Pramuka.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Bank DKI berkolaborasi dengan Otoritas Jasa Keuangan (OJK), Bank Indonesia, serta Pemerintah Provinsi DKI Jakarta menghadirkan Festival Rakyat Digital Island Bank DKI di Pulau Pramuka. Acara ini menjadi wadah meningkatkan  inklusi serta literasi keuangan terutama perbankan digital kepada masyarakat.

Kepala Eksekutif Pengawas Perbankan Otoritas Jasa Keuangan, Dian Ediana Rae, berharap Bank DKI sebagai Bank Pembangunan Daerah (BPD) dapat memainkan peran sebagai regional champion. Bank milik pemprov DKI Jakarta ini juga diharapkan menjadi tuan rumah di wilayah Jakarta melalui penetrasi pasar yang lebih luas lagi. 

"Salah satunya dengan penyelenggaraan kegiatan literasi dan inklusi keuangan," ujar Ediana. "Saya kira kegiatan ini menjadi contoh yang baik dilakukan oleh Bank DKI dalam hal penetrasi pasar, sekaligus edukasi transaksi perbankan digital di Kepulauan Seribu."

Festival Rakyat Digital Island Bank DKI diisi kegiatan sosialisasi literasi keuangan, booth UMKM Warga Pulau Pramuka, edukasi produk digital Bank DKI serta acara hiburan. Masyarakat Pulau Pramuka, Kepulauan Seribu, diperkenalkan lebih dekat dengan berbagai produk dan layanan digital Bank DKI. Tidak hanya itu, masyarakat juga dapat meraih informasi program produk perbankan lain seperti KEJAR, hingga Tabungan Haji dan Umroh (Taharoh). 

Direktur Utama Bank DKI, Fidri Arnaldy, mengatakan gelaran ini menjadi wadah peningkatan inklusi serta literasi keuangan dalam perbankan digital khususnya bagi warga Pulau Pramuka. Terlebih Pulau Pramuka disiapkan sebagai tempat untuk penyelenggaraan ajang internasional. 

"Kita tahu bahwa Kepulauan Seribu, khususnya Pulau Pramuka, menjadi sentra pariwisata nasional, dan Bank DKI mengambil peran di sini dengan mempersiapkan masyarakat melalui edukasi dan literasi keuangan digital," ujar Fidri.

Dalam kesempatan itu juga diresmikan Kampung UMKM Bank DKI yang merupakan program Tanggung Jawab Sosial perseroan. Melalui program ini, perseroan melakukan penataan ulang dengan pendekatan digitalisasi melalui aplikasi JakOne Abank, dan JakOne Merchant terhadap lokasi sementara (loksem) bagi para pedagang UMKM.

 

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement