Senin 24 Jul 2023 15:40 WIB

Kemenperin Gandeng JICA Majukan Ekosistem Industri Motor Listrik

Kemenperin dan JICA berkoordinasi mengimplementasikan rencana JICA Project 2023.

Kementerian Perindustrian (Kemenperin) menggandeng badan kerja sama internasional Jepang, Japan International Cooperation Agency (JICA), untuk mendukung pengembangan ekosistem industri motor listrik.
Foto: Timesnownews.com
Kementerian Perindustrian (Kemenperin) menggandeng badan kerja sama internasional Jepang, Japan International Cooperation Agency (JICA), untuk mendukung pengembangan ekosistem industri motor listrik.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Kementerian Perindustrian (Kemenperin) menggandeng badan kerja sama internasional Jepang, Japan International Cooperation Agency (JICA), untuk mendukung pengembangan ekosistem industri motor listrik di Indonesia melalui lokakarya bertajuk 'The 1st Workshop on JICA Project 2023'. Lokakarya tersebut membahas berbagai topik meliputi peta jalan produksi kendaraan listrik, standardisasi baterai, isu keamanan dan daur ulang baterai, serta promosi investasi perusahaan Jepang di Indonesia.

"Kolaborasi ini dilakukan untuk memberikan informasi kepada para pemangku kepentingan terkait di Indonesia mengenai rencana JICA dalam melaksanakan program penghimpunan data dan studi tentang pengembangan industri dan penguatan rantai pasok sepeda motor listrik di Indonesia," kata Direktur Jenderal Ketahanan, Perwilayahan dan Akses Industri Internasional (KPAII) Kemenperin Eko SA Cahyanto dalam keterangan di Jakarta, Senin (24/7/2023).

Baca Juga

Lokakarya tersebut juga menjadi kesempatan bagi Kemenperin dan JICA untuk mendengarkan masukan teknis dari para pemangku kepentingan terkait. 

"Diskusi yang dilakukan berfokus pada isu-isu penting seperti survei rantai pasok komponen kendaraan motor listrik di Indonesia, dampak pengembangan ekosistem industri kendaraan motor listrik, serta penyusunan kerangka acuan kerja untuk kegiatan utama proyek," imbuh Eko.

 

Dalam kesempatan tersebut, tim Konsultan JICA pun memberikan presentasi mengenai agenda dan tujuan dari JICA Project 2023. JICA Project 2023 akan melibatkan kegiatan studi tentang standardisasi baterai, survei permintaan sepeda motor listrik dan layanan penukaran baterai, proyek percontohan, serta survei mengenai dampak terhadap produsen suku cadang sepeda motor konvensional yang sudah ada.

Sebagai tindak lanjut terlaksananya workshop tersebut, Kemenperin dan JICA akan terus berkoordinasi dalam mengimplementasikan rencana JICA Project 2023. Direktorat Akses Sumber Daya Industri dan Promosi Internasional (ASDIPI) Kemenperin akan memfasilitasi pelaksanaan survei, dan koordinasi dengan berbagai kementerian/lembaga dan asosiasi terkait.

"Kolaborasi ini merupakan langkah penting untuk mendorong pertumbuhan ekonomi, inovasi, dan transformasi teknologi. Diharapkan industri kendaraan listrik dapat berkembang pesat di Indonesia, menciptakan lapangan kerja baru, dan mengurangi dampak lingkungan dari penggunaan kendaraan bermotor konvensional," kata Eko.

sumber : Antara
BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement