Ahad 23 Jul 2023 23:35 WIB

Menperin: Koperasi Pilar Kekuatan Ekonomi di Era Digital

Koperasi yang digital itu merupakan suatu keharusan.

Menteri Perindustrian Agus Gumiwang Kartasasmita.
Foto: ANTARA FOTO/Galih Pradipta
Menteri Perindustrian Agus Gumiwang Kartasasmita.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Menteri Perindustrian (Menperin) Agus Gumiwang Kartasasmita menegaskan bahwa koperasi menjadi salah satu pilar ekonomi di era digital sehingga perlu segera melakukan transformasi digital.

"Di semua sektor, termasuk koperasi, sudah harus menyiapkan diri dan mengakselerasi dalam melakukan transformasi digital. Menurut saya, koperasi yang digital itu merupakan suatu keharusan," kata Agus dalam menyampaikan sambutan dan arahan Presiden RI pada Puncak Peringatan Hari Koperasi Nasional (Harkopnas) Ke-76 di Kota Padang, Sumatra Barat, Ahad (23/7/2023).

Baca Juga

Ia menjelaskan digitalisasi dalam proses kegiatan di koperasi, baik koperasi yang menghasilkan produk atau jasa, akan dapat menghasilkan efisiensi dan meningkatkan daya saing. Hal ini seiring dengan perkembangan zaman, koperasi dapat menjadi menjadi salah satu pilar kekuatan ekonomi di era ekonomi digital.

Agus mengungkapkan siap menjalin kerja sama dengan Dewan Koperasi Indonesia (Dekopin) di bawah pimpinan Nurdin Halid. Terlebih, selama ini koperasi telah ikut berperan dalam menumbuhkembangkan wirausaha industri baru, khususnya di sektor industri kecil dan menengah (IKM).

"Kami memiliki banyak program dan kegiatan dalam pembinaan IKM, yang juga bisa relevan dengan upaya pengembangan koperasi. Apalagi, Kemenperin punya lima unit kerja di wilayah Sumatra Barat, terbanyak dibandingkan provinsi lainnya," kata dia.

Agus mengajak seluruh pihak, termasuk Dekopin untuk bersama-sama mencari solusi yang inovatif dan memperkuat kolaborasi, dengan tekad dan semangat yang kuat dalam menghadapi tantangan ekonomi global yang masih belum stabil saat ini. Ia melihat koperasi ini tidak hanya sebagai pilar ekonomi, tetapi juga pilar bangsa.

"Oleh karena itu, tantangan kita ke depannya adalah menyosialisasikan dan mengedukasi kepada masyarakat terkait pentingnya dan manfaat dari koperasi itu sendiri, secara terarah dan berkelanjutan," ungkapnya.

 

sumber : ANTARA
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement